Dinas PUPR Banjar Siapkan 1.230 Unit Tangki Septik Individual - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Dinas PUPR Banjar Siapkan 1.230 Unit Tangki Septik Individual

Diterbitkan

pada

Penghapusan jamban apung di Sungai Martapura. Foto : rendy

MARTAPURA, Pemkab Banjar terus berupaya mengubah kebiasaan masyarakat buang hajat di sungai, demi perbaikan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Inovasi penghapusan jamban apung dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Banjar.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Banjar Dr Galuh Tantri Narindra, mengatakan, selain target penghapusan jamban apung, ada pula target pembangunan tangki septik individual sebanyak 1.230 unit. Tangki septik individual tersebut sudah terbangun dan telah dikerjakan hingga mencapai 567 unit terhitung hingga hingga September

“Penuntasan pembangunan sejumlah 1.230 unit sampai bulan Desember 2018. Apabila sudah terbangun maka warga pengguna jamban apung segera diminta membongkarnya,” terang Tantri.

Sebelumnya, Bupati Banjar KH Khalilurrahman telah berkomitmen untuk penghapusan 1.000 jamban terapung di era kepemimpinannya. Pemkab Banjar melalui Dinas PUPR Banjar menargetkan penghapusan 270 jamban terapung pada tahun 2018.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Bajar M Hilman mengatakan, tahun 2017 lalu pihaknya sudah melaksanakan penghapusan 263 jamban terapung di bantaran sungai Martapura. Untuk tahun ini, ditargetkan penghapusan 270 jamban apung hingga akhir tahun 2018.

“Sampai saat ini kami data sudah ada sebanyak 263 jamban terapung yang sudah dihapuskan dan sudah tidak dimanfaatkan lagi oleh masyarakat. Lokasinya tersebar di Kecamatan Martapura Timur, Matapura Kota dan Kecamatan Martapura Barat,” jelasnya.

Dijelaskan Hilman, sebelum melakukan penghapusan jamban apung  dilakukan penggantian dengan jamban individual yang dibangun di rumah masing-masing warga. Sehingga mereka tidak kembali menggunakan jamban apung tersebut. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan