Connect with us

Otomotif

Dibekali Jantung Pacu All New Ertiga, Jimny Diminati 500 Pengunjung GIIAS

Diterbitkan

pada

Suzuki Jimny Foto : net

Masyarakat Indonesia yang loyal terhadap Suzuki Jimny masih cukup banyak. Terbukti sejak tahun lalu menghadirkan edisi terbatas hanya 88 unit, bisa habis terjual dalam waktu singkat. Belum lagi, kini hadir Jimny generasi terbaru yang sudah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) hingga 12 Agustus 2018 di ICE, BSD, Tangerang. Subronto Laras, Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International bercerita, bahwa sejak informasi bahwa Suzuki akan membawa Jimny terbaru ke Indonesia, sudah banyak orang yang menanyakan kebenaran berita tersebut.

“Saya dihubungi oleh beberapa jenderal TNI yang bertanya soal Jimny,” ucap Subronto belum lama ini di stan Suzuki hall 8 ICE, BSD, Tangerang. Menurut dia, penggemar Jimny di Tanah Air ini begitu banyak. Bahkan, Jimny ternyata mobil pertama yang dimiliki Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Mobil ini punya sejarah dan kenangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Maka dari itu kita hadirkan di sini, dan sedang kita pelajari untuk dijual dan diproduksi lagi di Indonesia,” ujar Subronto.

Suzuki Jimny yang dipamerkan di GIIAS 2018 merupakan varian Sierra. Model itu dibekali mesin 1.5-liter atau sama seperti tipe jantung pacu All New Ertiga (K15B) yang sudah dijual di Indonesia, sejak April 2018. Meski sama, tetapi seperti dijelaskan Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) jika ada beberapa perbedaan, terutama menyangkut bobot dari kendaraan.


“Secara prinsip sama, tetapi sudah pasti ada beberapa spesifikasi yang berbeda. Secara karakter mesin pun dibuat berbeda,” kata Donny di stan Suzuki GIIAS, ICE, BSD, Tangerang belum lama ini.

Donny melanjutkan, mesin yang dipakai Jimny Sierra juga bukan diimpor dari Indonesia, tetapi Jepang dan India juga ikut memproduksi jantung pacu tipe tersebut.

Mesin 1.5-liter yang digendong Jimny Sierra, yakni K15B, Water-cooled 4-silinder, Valve mechanism DOHC 16 Valve intake VVT. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 102 ps/6.000 rom dan torsi maksimum 13.3 kgm/4.000 rpm.

Kabarnya 500 pengunjung pameran di GIIAS berhasrat membeli jika mobil itu dipasarkan.

“Sampai saat ini kami memang terus melakukan studi terkait kemungkinan penjualan Suzuki Jimny, termasuk mengukur seberapa besar minat konsumen,” kata Harold Donnel Head of Product Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales seperti dinukil dari Tempo, Sabtu, (4/8).

Suzuki Jimny generasi terbaru telah diluncurkan di Jepang pada 5 Juli 2018. Indonesia, kata Harold, mendapatkan kehormatan sebagai negara pertama di luar Jepang yang kedatangan Suzuki Jimny.

Menurut Harold, Suzuki Jimny generasi terbaru sangat terbuka peluangnya untuk diproduksi di Indonesia. Apalagi pabrik Suzuki di Jepang disebut kewalahan memproduksi SUV yang cukup populer di Indonesia pada awal 1980an hingga 1990an ini. “Sangat mungkin diproduksi di Indonesia, tapi memang harus ada perhitungan terkait investasi tambahan untuk dice and jig dan sebagainya,” tuturnya. (bie/net)

Reporter : Bie/net

Editor : Bie

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares