Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Cegah Covid-19, Jemaah Haji Harus Antigen Setiba di Tanah Air

Diterbitkan

pada

Jemaah haji harus jalani tes antigen setiba di tanah air. Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 3 Debarakasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dijadwalkan tiba dua hari mendatang harus tes antigen setibanya di pintu kedatangan. Aturan ini merupakan kebijakan terbaru, yang diterbitkan oleh Kemenkes melalui surat edaran, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Hal ini seperti disampaikan Masbudianto selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), saat rapat penyambutan pemulangan jamaah haji HSU yang dilaksanakan di ruang rapat setda HSU, Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut, Masbudianto mengimbau kepada masyarakat HSU atau keluarga jemaah haji yang melakukan penjemputan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Dihimbau bagi masyarakat HSU yang menjemput untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, serta tidak terlalu kontak erat dengan para jemaah haji, kami juga mohonkan kepada masyarakat dan keluarga terutama bagi jemaah yang positif Covid-19 bersabar dulu atau tidak mengunjungi guna menghindari penyebaran Covid-19,” imbuhnya.



 

Baca juga  : Kasus ‘Aksi Cepat Tilep’ Donasi Umat, Empat Orang Ditetapkan Tersangka

Dikatakannya, bahwa langkah ini dilakukan sehubungan terjadinya lonjakan kasus covid-19 di HSU  sebesar 16 orang positif dan 1 meninggal dunia, disertai lonjakan kasus secara nasional.

“Terkait hal itu dalam rangka mencegah terjadinya kasus covid-19 tentunya kita harus menjaga protokol kesehatan kembali,” Katanya

Sementara terkait dengan kedatangan jemaah haji pada Kamis (28/7/2022), ia mengakui nantinya akan dilakukan screening atau pengecekan dengan tes antigen.

“Dengan akan diadakan penjemputan terhadap jemaah haji HSU, yang perlu kita perhatikan ada kebijakan para jemaah haji nantinya akan discreening di asrama embarkasi banjarmasin dengan tes antigen untuk mengetahui apakah para jemaah haji kita ini terkonfirmasi covid-19 atau tidak,” ungkapnya.

 

Baca juga  : Speed Boat Tarakan-KTT Terbakar, Penumpang dan ABK Selamat

Lebih lanjut, ia menambahkan apabila ditemui jemaah haji yang terkonfirmasi positif covid-19, di dalam pemulangannya pemerintah daerah telah mengantisipasi untuk dilakukan pemisahan transportasi dengan jemaah haji lainnya.

“Jadi jika ada yang positif Covid-19, pada pemulangannya pemerintah daerah telah menyiapkan transportasi khusus untuk memisah dengan jemaah lainnya, sedangkan untuk penangannya bagi yang tidak bergejala atau gejala ringan itu akan dipantau oleh masing-masing puskesmas dan dilakukan isolasi mandiri,” terang Masbudianto.

Adapun jadwal keberangkatan, jemaah haji HSU yang tergabung dengan Kloter 3 bersama Kabupaten Tapin, Barito Kuala dan Kota Banjarmasin direncanakan berangkat dari Bandara King Abdul Aziz pada Rabu (27/7/2022) pukul 06.40 WAS dan tiba di Bandara Syamsudinnor Banjarmasin pada Kamis (28/7/2022) sekitar pukul 04.10 Wita (pagi) menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomer penerbangan GIA-8203.(kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->