Connect with us

HEADLINE

Begini Rekayasa Lalin saat Haul ke-18 Guru Sekumpul, Kantong Parkir di Masjid Alkaromah Martapura

Diterbitkan

pada

Rekayasa lalu lintas (lalin) jalur Haul ke-18 Guru Sekumpul di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Rekayasa lalu lintas (Lalin) pengalihan arus kendaraan bermotor di sejumlah jalan utama di Martapura akan diberlakukan saat Haul ke-18 Guru Sekumpul pada Kamis (26/1/2023).

Penutupan ruas jalan akan dilakukan sepanjang Jalan Martapura Lama, di mana area ini digunakan untuk para jemaah dan terbebas berbagai jenis kendaraan kecuali kendaraan emergency.

Adapun penutupan ruas jalan terbagi menjadi tiga zona dan jalur evakuasi.

Pada penutupan Zona 1 masyarakat yang melewati Jalan Martapura Lama dari arah Kota Banjarmasin -Sungai Tabuk- dapat berhenti dan memarkir kendaraan sebelum Masjid Tuhfathurraghibin di Desa Dalam Pagar Ulu.



 

Baca juga : Berbaur dengan Masyarakat, Bupati Banjar Hadiri Haul Ke-33 Guru Padang

Kemudian pada penutupan Zona 2 terjadi di sepanjang jalan pinggir Sungai Martapura. Kendaraan dilarang masuk tepatnya mulai di pintu masuk Desa Antasan Senor Ilir atau di dekat dermaga VIP Ponpes Darussalam Martapura.

Masyarakat yang melewati jalur Jalan A Yani dari arah Martapura Kota dapat memarkirkan kendaraannya di halaman Masjid Agung Al Karomah Martapura atau sebelum penutupan Zona 2.

Sedangkan penutupan Zona 3 terjadi di jalan utama Martapura Lama tepatnya di pintu masuk dekat Desa Pasayangan Selatan.

Jalur evakuasi digunakan di sepanjang Jalan Keramat hingga Jalan Makam menuju Teluk Selong. Jalur ini diprioritaskan untuk keluar masuk kendaraan emergency dan VIP.

Sementara itu, pengalihan arus juga terjadi pada Jalan A Yani dari arah Hulu Sungai – Banjarmasin dan sebaliknya.

Baca juga : Seniman Kotabaru Protes Wacana Pembongkaran Gedung Kesenian

Pengalihan arus ini diusulkan terjadi pada pukul 16.00 Wita hingga pukul 24.00 Wita, dimana pada pukul itu masyarakat yang akan melewati Jalan A Yani diharapkan memutar ke arah Mataraman menuju Sungai Ulin, Banjarbaru.

Sedangkan pukul 14.00 Wita hingga pukul 24.00 Wita, arus Jalan A Yani dari Hulu Sungai akan dialihkan ke arah Kandangan-Margasari menuju Marabahan

Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat T melalui Kasi Humas Polres Banjar Iptu Suwarji memberikan imbauan kepada masyarakat untuk dapat menggunakan jalur lalu lintas dengan baik.

“Perhatikan jalurnya dengan rambu-rambu petunjuk dan sesuai arahan petugas. Bila ada permasalahan segera laporkan ke posko pengamanan atau petugas keamanan terdekat,” ungkapnya, Senin (23/1/2023).

Sejumlah kantong parkir atau tempat parkir darat dan dermaga, serta sejumlah posko pengamanan pun akan disediakan selama pelaksanaan kegiatan haul.

Baca juga  : Ajaib Buaya Antar Balita Tewas Tenggelam di Sungai Kukar, Jasad Utuh Tanpa Tercabik

Adapun kantong parkir digunakan sebagai tempat penurunan dari kendaraan bagi jemaah Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul.

Haul ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul) akan digelar pada Kamis malam, 26 Januari 2023, di kediaman Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Jalan Kertak Baru, Kampung Keramat Kecamatan Martapura Timur.

Kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan mendukung pelaksanaan Haul ke-18 Guru Sekumpul menerjunkan ratusan personel dan melakukan rekayasa lalu lintas. Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo menjelaskan, akan ada 198 personel untuk mengamankan lalu lintas saat haul.

“Kita menurunkan 198 personel yang terdiri dari 158 pasukan pengamanan jalur dan 40 tim patroli,” kata Kombes Pol Maesa Soegriwo.

Keterlibatan 239 personel pengamanan yang akan dilakukan di sepanjang Jalan Ahmad Yani wilayah arah menuju Martapura, baik dari Banjarmasin dan Hulu Sungai, Jalan Trikora, serta Jalan Martapura Lama.

“Untuk sarana prasarana lalu lintas, roda empat 20 buah, roda dua, 20 buah, traffic cone 100 buah dan water barrier 20 buah,” lanjutnya.

Baca juga : Bupati Ben Brahim Hadiri HUT ke-56 dan Reuni SMK GKE Mandomai

Kegiatan pengamanan akan dilaksanakan selama satu hari yakni pada puncak haul tanggal 26 Januari 2023.

Sedangkan untuk rekayasa lalu lintas, Jalan Ahmad Yani dari bundaran Liang Anggang sebagai jalur utama dengan jalur alternatif Jalan Trikora, Jalan Karet menuju Jalan Sungai Sipai dan Jalan Panglima Batur.

Jalur utama dari bundaran Liang Anggang hingga pertigaan Ahmad Yani keluar Kota Martapura kendaraan seperti truck dilarang untuk masuk. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->