Bazar Murah Sembako Digelar Dinas Ketahanan Pangan Kalsel - Kanal Kalimantan
Connect with us

Ekonomi

Bazar Murah Sembako Digelar Dinas Ketahanan Pangan Kalsel

Diterbitkan

pada

Bazar Murah di halaman TTIC, Jalan Panglima Batur Banjarbaru, Senin (10/9). Foto : rico

BANJARBARU, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Bazar Murah di halaman TTIC, Jalan Panglima Batur Banjarbaru, Senin (10/9). Bazar Murah digelar menjelang peringatan Tahun Baru Islam 1440 H yang jatuh pada Selasa 11 September 2018.

Sebanyak 100 lebih distributor dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) berpartisipasi dengan menjual berbagai bahan pokok hingga makanan unggulan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel Suparno menjelaskan, melemahnya rupiah terhadap dolar menyebab adanya gejolak harga di tingkat konsumen pada saat ini, sehingga berimbas pada kenaikan harga impor. Oleh karena itu pemerintah harus menyeimbangkan penawaran dan permintaan serta mempertimbangkan intensif yang tepat untuk meningkatkan produksi komoditas atau untuk menurunkan tekanan harga dalam jangka panjang.

“Salah satu kegiatan yang harus dilakukan dengan mengadakan bazar murah yang bertujuan untuk memperoleh akses pangan dengan harga murah, paling tidak di bawah harga pasar,” ungkapnya.

Dijelaskan Suparno, semua barang yang dijual dipastikan lebih murah dari harga pasaran karena bahan dijual langsung distributor bukan dari tangan ketiga ataupun keempat.

Selain itu perlu diketahui, bazar murah ini hanya diadakan dalam waktu satu hari hingga barang yang dijual oleh para distributor dan Gapoktan habis. “Dijamin harga lebih murah dari pasaran,” ucapnya.

Rencananya Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan masih akan menyelenggarakan tiga kali bazar murah yaitu di bulan November dan Desember mendatang. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan