Banjarbaru Ingin Miliki Lebih Banyak Rumah Pangan Lestari - Kanal Kalimantan
Connect with us

Ekonomi

Banjarbaru Ingin Miliki Lebih Banyak Rumah Pangan Lestari

Diterbitkan

pada

Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan Foto : Arief Rahman

BANJARBARU, Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya menargetkan kedepan Kota Banjarbaru bisa memiliki lebih banyak lagi kelompok Rumah Pangan Lestari (RPL).

Hal ini menurutnya penting untuk mendorong meningkatnya produksi hasil pertanian lokal di Kota Banjarbaru. Dengan meningkatnya hasil produksi pertanian lokal maka tentunya inflasi di Kota Banjarbaru bisa terjaga.

“Di Kota Banjarbaru kita baru memiliki sekitar 47 RPL. Ini kita harapkan makin meningkat lagi kedepannya, bahkan kita harapkan bisa merata di semua wilayah di Kota Banjarbaru yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat,” tegasnya, Minggu (23/9).

Menurut Jaya, dengan hadirnya banyak RPL nantinya, Kota Banjarbaru pun kedepannya tidak perlu lagi harus ketergantungan suplai berbagai kebutuhan pokok jenis sayuran dari luar daerah.

“Selama ini kan Banjarbaru suplai jenis sayurannya sangat tergantung dari daerah lain. Kalau daerah lain tidak bisa menyuplai, maka pasti kita terkena imbas inflasi yang tinggi, namun kalau kita bisa memenuhi kebutuhannya sendiri tentunya inflasi bisa lebih terkendali,” tambahnya.

Selain itu, kehadiran RPL menurutnya bisa membantu masyarakat dalam mengurangi pengeluaran rumah tangga. Karena hasil pertanian dari RPL seperti cabai, tomat hingga bawang bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kalau produktifitasnya besar bahkan bisa dijual ke pasaran untuk menambah pundi keuangan keluarga. Banyak sudah bahkan RPL di luar daerah yang sangat bernilai ekonomis dan bahkan menjadi tujuan destinasi wisata,” ungkapnya.

Untuk bisa banyak memiliki RPL sendiri, pihaknya pun akan coba memaksimalkan peran Dinas Pertanian untuk bisa membina masyarakat membentuk RPL di setiap wilayah Kota Banjarbaru kedepannya.

“Bukan hanya kita ajarkan cara bertanam dengan baik, bahkan kalau memungkinkan akan kita bantu pupuk hingga bibitnya. Hal ini agar makin memudahkan kelompok masyarakat dalam membentuk RPL,” pungkasnya. (arief)

Reporter: Arief
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan