Connect with us

Kota Banjarbaru

Babarasih Sungai Kemuning Dijadwal Tiga Bulan Sekali, Ini Komentar Wali Kota dan Wawali

Diterbitkan

pada

Babarasih Sungai Kemuning akan dijadwalkan per tiga bulan sekali. Foto: humprobjb

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin dan Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menghadiri kegiatan Babarasih bantaran Sungai Kemuning bersama petugas kebersihan bantaran Sungai Kemuning dan warga.

Sebelum kegiatan diawali apel bersama di Ruang Terbuka Hijau Kampung Pelangi, Kelurahan Guntung Paikat. Acara dihadiri Kepala Dinas PUPR Kota Banjarbaru Ir Jaya Kresna, Dinas Perkim, Dinas LH, Camat Banjarbaru Selatan, Lurah se Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Camat Banjarbaru Selatan Taufik Purwanto mengatakan kegiatan Babarasih Sungai Kemuning, yang hadir hari ini adalah perwakilan dari 50 orang petugas pelayanan bantaran Sungai Kemuning dari empat kelurahan.

“Masing-masing dua orang, salah satu tugasnya adalah memonitor mengedukasi dan memberikan laporan secara insidentil mengenai kebersihan dan fungsi Sungai Kemuning, mulai dari Kelurahan Sungai Besar sampai dengan Kelurahan Loktabat Selatan,” ujar Camat Banjarbaru Selatan.



 

 

Baca juga: Ancaman Banjir, Warga Bersihkan Sungai Kemuning Ramai-ramai

“Insyaallah kegiatan ini rutin setiap 3 bulan sekali, tetapi selain kerja bakti secara keseluruhan ada juga petugas relawan yang memonitor setiap harinya jangan sampai nanti sampah yang menumpuk sampah dan lain-lain tetapi warga di sekitar bantaran Sungai Kemuning ini bisa aktif mengawasi aliran Sungai Kemuning ini,” ujarnya.

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengatakan bahwa Babarasih sungai berguna untuk kita mencegah bencana yang pernah terjadi di Kota Banjarbaru.

“BMKG sudah ada warning kepada kita semua, bakal ada badai La Nina kembali. Jadi kalau kita ingat banjir tahun lalu ini dikarenakan badai La Nina ini kembali, ini sudah diwarning oleh BMKG. Menjadi sangat penting bagi kita untuk membersihkan drainase, membersihkan sampah-sampah yang selama ini menjadi penyumbat aliran air, sehingga jadi genangan yang bisa menyebabkan banjir,” bebernya.

Baca juga: Gerakan Warga Bervaksin Lewat Warung Mama Cindy

Dinas PUPR ini sibuk memperbaiki drainase-drainase Kota Banjarbaru, tujuannya adalah untuk mitigasi atau pencegahan banjir.

“Jadi kita harus bersama-sama menjaga apa yang telah dibangun oleh pemerintah kota untuk kita bersama,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menambahkan bahwa kegiatan ini adalah kerja bakti secara massal di Kecamatan Banjarbaru Selatan, seluruh bantaran Sungai Kemuning dari Kelurahan Sungai Besar, Guntung Paikat, Kemuning dan Loktabat Selatan.

“Jadi beberapa kawan-kawan organisasi maupun relawan-relawan peduli Sungai Kemuning juga melibatkan beberapa warga yang sudah koordinasi dengan para Lurah dan dikoordinir dari Camat Banjarbaru Selatan,” katanya. (kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->