Connect with us

Teknologi

Apa Itu Twitch? Begini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Diterbitkan

pada

Aplikasi video Twitch pada sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM – Belakangan ini istilah Twitch tengah hangat diperbincangkan banyak orang. Platform tersebut menjadi ramai selepas digunakan untuk pertandingan catur Irene Sukandar melawan pemilik akun GothamChess di situs Chess.com, yakni Levy Rozman. Sebenarnya apa itu Twitch?

Jadi, Twitch ini semacam platform atau media tontonan berbasis internet. Jika di Indonesia, Youtube menempati posisi pertama sebagai media tontonan yang sering digunakan. Di luar negeri, Twitch menjadi salah satu media tontonan yang juga ramai digunakan.

Sebenarnya, apa itu Twitch?

Di Indonesia, mungkin Twitch memang bukan menjadi media tontonan paling populer. Berbeda dengan beberapa negara lainnya, yang mana menjadikan platform Twitch sebagai media tontonan untuk menarik followers, menjadi populer, dan mendapatkan uang.



 

Baca Juga:
Jelang Paskah, Gegana Brimob Polda Kalsel Amankan Gereja di Banjarmasin

Jadi, Twitch ini merupakan sebuah media atau platform streaming untuk para content creator yang ingin melakukan live streaming. Perlu diketahui, Twitch ini salah satu anak perusahaan Amazon.

Cara Kerja Twitch

Menariknya lagi, para content creator juga bisa live streaming sambil berkomunikasi dengan para penggemarnya melalui platform Twitch. Hal seperti ini mungkin memang sedikit berbeda dari platform Youtube.

Rupanya, hal ini juga lah yang menjadikan platform Twitch lebih menarik digunakan oleh para content creator di luar negeri. Nah, salah satu konten yang paling populer di platform ini yaitu game dan esport.

Hal menarik lainnya yang bisa dijumpai dari platform Twitch ini yaitu adanya sistem bisnis yang bisa menguntungkan para content creator. Platform ini juga menyediakan beberapa level (paket tingkatan) untuk para fans si content creator.

Baca Juga:
Umat Nasrani di Banjarbaru Yakin Aksi Teror Tak Bisa Koyak Persatuan Antar Umat Beragama

Adapun setiap levelnya memberikan kesempatan istimewa kepada para fans untuk bisa berkomunikasi langsung dengan content creator yang diidolakannya.

Nah, bagi para fans yang tertarik untuk berada pada tingkatan atau level tertentu, maka diharuskan mempunyai paket yang dapat diperoleh dengan cara berlangganan atau mengeluarkan sejumlah orang. Dari situlah para content creator akan memperoleh keuntungan.

Hal menarik lainnya yang dapat diperoleh para content creator yaitu mereka mempunyai hak untuk bisa mengatur atau setting sendiri video-video yang ditonton para penggemar berlangganan.

Para penggemar berlangganan ini juga dapat mengirimkan efek atau emoji chat yang bisa muncul saat video live streaming sehingga akan mudah dikenali oleh si content creator yang diidolakan.

Nah, itulah informasi mengenai apa itu Twitch yang beberapa waktu beberapa waktu belakangan ini ramai diperbincangkan banyak orang. (suara.com)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->