Connect with us

HEADLINE

Angkasa Pura I Mulai Sosialisasi Jalur Menuju Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor

Diterbitkan

pada

Sejumlah rute atau jalur menuju bandara baru Syamsudin Noor Foto : ist

BANJARBARU, Sempat tertunda dari yang dijadwalkan pada Jumat (15/11) lalu lantaran ketidaksiapan akses bandara di Jalan Lingkar Utara Banjarbaru, yang tengah digarap Dinas PUPR Provinsi Kalsel, bandara baru akan beroperasi 10 Desember nanti.

Kepada kanalkalimantan.com, Senior Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Alfasyah mengatakan, pihaknya telah menjalani proses verifikasi dan berdasarkan hasil rapat dengan Sekda Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie dan menyatakan, Bandara Syamsudin Noor telah siap.

“Alhamdulillah kami sudah diverifikasi, kemarin hasil rapat bersama Sekda Provinsi terkait bandara, secara prinsip kami PT Angkasa Pura I sudah siap mengoperasionalkannya. Sesuai kesepakatan, nanti kami akan pindah operasional di tanggal 10 Desember,” kata Alfasyah, Jumat (29/11).

Saat ini, PT. Angkasa Pura I tengah melakukan sosialisasi soal akses menuju terminal bandara baru. Hal ini dikarenakan akses yang digunakan berbeda dengan akses yang ada saat ini yaitu di Jalan Angkasa. Pertama, dari Pal 17 dari arah Banjarmasin. Kemudian melalui Jalan Golf jika di antara tengah-tengah.

“Kemudian dari arah Banjarbaru lebih banyak lagi, di Jalan Bina Putra bisa, kemudian di kawasan Balittra (Jalan Kebun Karet) bisa, dan dari arah Karang Anyar. Jadi dari arah Banjarbaru maupun Martapura lebih banyak alternatif,” jelas Alfasyah.


Berbicara soal akses jalan, menurut Alfasyah, berdasarkan laporan yang ia terima, akses Jalan Lingkar Utara sudah bisa disiapkan manakala operasional terminal baru telah berjalan. Kendati kondisinya masih belum sesuai harapan pada umumnya, sehingga pengguna jasa penerbangan dihimbau untuk tiba di terminal bandara lebih awal, yakni sebelum keberangkatan.

“Kami menghimbau masyarakat atau pengguna jasa bandara, manakala nanti (terminal) sudah pindah ke yang baru, agar datangnya lebih awal. Karena, tidak seperti bandara lama kita datang ke ruang check in, (karena) agak jauh. Sehingga tidak terjadi keterlambatan,” katanya.

Kemudian, Alfasyah menambahkan, pihaknya menyiapkan armada untujk mengantisipasi jika ada penguna jasa bandara yang terlanjur tiba di terminal lama. “Nanti kami antarkan ke terminal baru. (Karaena) ini merupakan antisipasi meminimalkan pengguna jasa bandara yang datang terlambat karena belum mendapatkan informasi pemindahan bandara,” tegasnya.

Baca : Dibuka 10 Desember, ‘Baangkut’ ke Bandara Baru Syamsudin Noor Usai Penerbangan Akhir!

Alfasyah berharap dukungan masyarakat untuk pengoperasian terminal baru Bandara Syamsudin Noor. “Mudah-mudahan saat tanggal 10 Desember nanti operasional dapat beroperasional dengan baik. (Karena) luas terminal bandara baru ini 7 kali lebih luas daripada yang eksisting sekitar 9.043 meter persegi,” katanya.

Sedangkan terminal baru seluas 77.562 meter persegi, diprediksi mampu menampung sebanyak 7 hingga 8 juta penumpang. Saat ini, jumlah penumpang yang lalu lalang di Bandar Syamsudin Noor sebanyak 3,5 juta penumpang pertahun. (fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Chell

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->