Connect with us

DPRD KOTABARU

Kerjasama dengan HA IPB, PMI Kotabaru Gelar Donor Darah

Diterbitkan

pada

Asisten II Setda Kotabaru didampingi pihak terkait memberi penjelasan kepada awak media. Foto: Istimewa

KANALKALIMANTAN.COM, KOTABARU – Sebagai wujud kepedulian terhadap ketersediaan kebutuhan stok darah bagi masyarakat yang memerlukan PMI Cabang Kabupaten Kotabaru menggelar donor darah, Minggu (18/9/2022).

Kegiatan itu digelar PMI Kotabaru bekerjasama dengan Himpunan Alumni Institute Pertanian Bogor (HA IPB) wilayah Provinsi Kalimantan Selatan

Kegiatan juga dihadiri oleh Asisten II Setda Kotabaru mewakili pemerintah daerah, Ketua PMI Kotabaru, Ketua Komisi II DPRD Kotabaru, serta jajaran Forkopimda dan masyarakat yang ikut secara langsung menyumbangkan darahnya.

Dalam kesempatannya, disampaikan oleh Asisten II Setda Kotabaru, Murdianto bahwa, pemerintah daerah akan mengalokasikan dalam anggaran APBD untuk keperluan PMI.

 

Baca juga  : Laga Perdana Liga 3 Zona Kalsel, Persebaru Protes Persitam Pakai Pemain Tak Sah

Adapun nanti prosedur mekanisme tentu seperti kegiatan lainnya dengan melalui usulan oleh PMI, kemudian dibahas bersama dan dipertimbangan serta akan di sesuaikan dengan kebutuhan keuangan daerah.

“Untuk besarannya nanti disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Yang jelas secara prinsip, pemerintah daerah mendukung dan berkomitmen kepada PMI agar bisa memfasilitasi terhadap upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Kotabaru,” papar dia.

Dia mengatakan, sementara untuk kebutuhan darah disiapkan oleh rumah sakit untuk pasien yang memerlukan. Selain itu, pihak rumah sakit juga telah melakukan koordinasi dengan PMI agar dapat bersinergi dalam memenuhi kebutuhan darah.

“Ke depan tinggal mengintensifkan kerjasama antara rumah sakit dan PMI, yang mana ketika ada keperluan darah maka bisa terpenuhi dengan baik,” tambah dia.

 

Baca juga  : Angkat Besi Yakin Berjaya di Porprov 2022 Meski Minim Dukungan Pemerintah

Sementara Sugian Noor, selaku Ketua PMI Cabang Kotabaru menuturkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada HA IPB dalam rangka hari jadi PMI Kotabaru yang berkolaborasi dalam melayani masyarakat. Disamping itu, Unit Donor Darah (UDD) PMI berfungsi sebagai donor darah untuk menerima semua niat baik masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya.

“Kami di sini mempersiapkan kebutuhan darah bagi masyarakat yang memerlukan di rumah sakit maupun untuk kepentingan medis,” ujar dia.

Intinya, PMI sendiri melayani masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya yang dibuka dari hari Senin sampai Minggu. Harapannya jelas agar masyarakat bisa mendonorkan darahnya untuk kepentingan bersama.

“Target kami tentunya semua kebutuhan di rumah sakit dapat kami penuhi sehingga masyarakat dapat terbantukan, dan UDD dapat menampung sekitar 200 kantong darah,” jelas dia.

 

Baca juga  : Percasi HSU Gelar Kejuaraan Catur, Junior hingga Veteran Ikut Berpartisipasi

Perwakilan HA IPB wilayah Provinsi Kalsel dari divisi sosial pengabdian masyarakat, Masika menjelaskan bahwa, ia sangat apresiasi dengan pemerintah daerah dan PMI yang sudah memberikan fasilitas yang luar biasa.

“Ini merupakan kegiatan Dies Natalis IPB yang secara rutin kami lakukan setiap tahunnya. Melihat kebutuhan darah seperti di Banjarbaru sangat banyak memerlukan darah dan tentunya hal itu menjadi perhatian bersama,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa mendonorkan darah dan pihaknya juga menginisiasi adanya “Blood Hunter Community” dalam penyediaan darah. Dengan inovasi dari teknologi IPB tentunya agar bisa masuk kedalam PMI dalam kegiatan sosialnya.

“Kami melihat persoalannya bukan pada krisis darah. Namun lebih kepada ada beberapa darah yang langka dan banyak darah yang overload,” terang dia.

 

Baca juga  : Geber Latihan Cabor Atletik, Kota Banjarmasin Kejar Juara Umum Porprov 2022

Harapannya adalah, dengan ide IPB dan para alumni dapat bersama-sama bersinergi dengan PMI se-Kalsel, dan kegiatan yang dilaksanakan serentak dilaksanakan se-Kalimantan Selatan.

“Sekali lagi terimakasih kepada pemerintah daerah, PMI Kotabaru yang telah menyelenggarakan kegiatan hari ini untuk membantu kebutuhan darah bagi masyarakat,” pungkas dia. (Kanalkalimantan.com/muhammad)

Reporter : Muhammad
Editor : Dhani


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->