Connect with us

Kabupaten Barito Selatan

Seni Budaya Tradisional Lebih Dikenalkan ke Anak Muda

Diterbitkan

pada

Pementasan seni budaya di Kabupaten Barito Selatan, beberapa waktu lalu. Foto : digdo

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK – Anggota DPRD Kabupaten Barsel Putri Siti Rohmawati mengajak kalangan muda lebih mengenal seni dan budaya tradisional daerah.

Menurut Putri –biasa wakil rakyat ini disapa-, saat ini ketertarikan anak muda untuk menekuni kesenian tradisional masih sangat rendah. Sebaliknya anak muda sekarang lebih menerima budaya dari luar negeri.

“Kita harus lebih mengenal budaya tradisional lokal, karena saat ini banyak yang lebih tertarik dengan budaya luar,” kata Putri kepada Kanalkalimantan.com, Kamis (9/12/2021).

Ia mengatakan, untuk menarik minat kalangan muda agar lebih peduli terhadap seni dan budaya lokal, pemerintah daerah diharapkan dapat berinovasi dan melakukan pendekatan dengan cara khusus atau memanfaatkan teknologi.

 

Baca juga : Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru di Kota Citra Graha

Mempromosikan dan mengenalkan keberagaman seni dan budaya yang dimiliki oleh daerah, khususnya Kabupaten Barsel kepada anak muda, agar mereka tertarik dan berminat untuk menekuninya.

“Sangat mengkhawatirkan bila tidak ada regenerasi, bisa jadi seni budaya tradisional hilang punah,” tegas Putri.

Apabila pandemi Covid-19 berlalu, gelaran pementasan dan perlombaan budaya dapat dilaksanakan secara rutin, demi menjaga kelestarian budaya dan kesenian lokal.

“Semoga kalangan muda dapat lebih mencintai budaya sendiri, sebagai bagian penting berjalannya pembangunan,” pungkas Putri. (kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : digdo
Editor : bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->