Connect with us

Kota Banjarmasin

68,84 Persen Kasus Covid-19 Cluster Gowa, Gugus Tugas P2 Kalsel: Terbaru Cluster Pasar Antasari

Diterbitkan

pada

Jubir Tim Gugus Tugas P2 Covid-19 Kalsel Muhamad Muslim Foto: Gugus Tugas

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (P2) Covid-19 Kalimantan Selatan mengidentifikasi beberapa cluster terkait dengan penyebaran Covid-19 di Kalimantan Selatan, hingga Senin (4/5/2020),

“Jika kita lihat data yang ada, maka dari 199 kasus tersebut, 137 kasus di antaranya adalah cluster dari perjalanan ke Gowa. Atau sekitar 68,84 persen,” papar Juru Bicara Tim Gugus Tugas P2 Covid-19 Kalsel Muhamad Muslim di Banjarbaru, Senin (4/5/2020) sore.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini menyebut, sebanyak 2,51 persen kasus lainnya merupakan cluster perjalanan ke Jawa Barat. Sementara itu 4,02 persen kasus merupakan cluster perjalanan ke Kalimantan Tengah.

“Kemudian 2,51 persennya merupakan kontak 1. Dan saat ini juga sedang dilakukan upaya tracing yang massif di cluster Pasar Antasari di mana ada sekitar 1,51 persen yang saat ini dalam perawatan, yang terlaporkan dari 199 kasus tersebut,” jelas Muslim.

Sisanya sekitar 20,60 persen kasus positif Covid-19 merupakan bagian dari perjalanan ke berbagai tempat di luar Kalsel. Sebagiannya masih dilakukan identifikasi kontaknya.

Menurut Muslim, jika dilihat dari berbagai daerah, yang merupakan kasus cluster Gowa yang dipredikasi hampir 100 persen berasal dari Kabupaten Tanahlaut, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Baritokuala, Kabupaten Tapin. Kemudian, dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Balangan.

Dia juga menambahkan, saat ini sudah ada 6.980 alat rapid test yang didistribusikan, di mana yang telah terlaporkan sebanyak 4.180 orang yang rapid test. Dari jumlah itu, yang dilaporkan reaktif sebanyak 634 orang.

“Hasil RDT (rapid diagnostic test) ini yang reaktif sebesar 15,17 persen,” pungkas Muslim. (Kanalkalimantan.com/fikri)

 

 

Reporter : Fikri
Editor : Dhani

 


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->