50 Hektare Lahan Gambut di Tegal Arum dan Guntung Damar Terbakar - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

50 Hektare Lahan Gambut di Tegal Arum dan Guntung Damar Terbakar

Diterbitkan

pada

kebekaran lahan gambut yang terjadi di Tegal Arum dan Guntung Damar Foto: rico

BANJARBARU, Kebakaran lahan gambut terjadi di Jalan Lingkar Utara Tegal Arum dan Guntung Damar, Banjarbaru, selama dua hari terakhir. Hingga Senin (10/9) siang, api yang menyala tersebut menghanguskan sedikitnya 50 hektare lahan.

Tim Gabungan Karhutla di antaranya BPBD Banjarbaru, Polres Banjarbaru, Polda Kalsel, Kodim 1006 MTP Manggala Agni, BNPB Prov Kalsel dan Damkar dibuat kewalahan untuk memadamkan titik api yang terus meluas.  Kebakaran lahan sendiri hanya berjarak ratusan meter dari SMP Negeri 15 Banjarbaru.

Supriyanto salah satu rekan Emergency Kasturi Team mengungkapkan kebakaran lahan gambut  ini berlangsung sejak tiga hari terakhir dengan puncak kebakaran pada dua malam terakhir. “Sudah 3 hari yang lalu puncaknya dua malam ini. Kalau dihitung ini sudah sekitar 50 hektare lebih,” ungkapnya.

Sementara itu helikopter bombing yang dioperasikan oleh BPBD provinsi Kalimantan Selatan turut serta melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di Tegal Arum, namun pada Minggu (9/9) kemarin hingga 3 bombing dijatuhkan. Namun, masih belum dapat memadamkan api.

Hal ini membuat para anggota melakukan penyiram disekeliling lahan agar api tidak sampai mendekati kepemukiman warga. Dilangsir dari Instagram Polres Banjarbaru proses pemadaman  sedikit terhambat dikarenakan kepulan asap tebal  yang membuat anggota yang bertugas kesulitan melihat medan yang dilalui.

Plt Pelaksana Harian BPBD Kota Banjarbaru Ahmad Syarief Nizam menjelaskan bahwa kendala akses masuk dan sumber air menjadi faktor utama. “Akses masuk kesulitan karna posisi api ditengah, apalagi kalau malam. Kemudian kendala air juga juga. Ya kita masih berusaha dan mohon doanya agar api bisa cepat padam,” katanya pada kanalkalimantan.com. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan