Connect with us

Kota Banjarmasin

2019, Pembanguan Workshop BLK Banjarmasin Dilanjutkan

Diterbitkan

pada

Rapat bersama Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. Foto : humas pemko banjarmasin

BANJARMASIN, Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) akan kembali dilanjutkan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin di tahun 2019.
Menurut Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru H Priyo Eko Wusono, tahun 2019 dinas yang dipimpinnya telah merencanakan pembangunan gedung workshop di lingkungan BLK yang berlokasi di kawasan Kecamatan Banjarmasin Selatan. “Tahun ini ada beberapa workshop lagi yang akan kita bangun, dan untuk tahap pertama kami akan membangun pagar keliling dulu sekira 557 meter,” ujarnya saat pertemuan dengan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Selasa (12/2).

Lebih jelas dikatakannya, untuk pembangunan gedung workshop baru tersebut, diperkirakan akan menghabiskan dana sekira Rp1,2 miliar. Sedangkan untuk pembangunan kantor BLK diperkirakan memakan dana sekira Rp900 juta. “Untuk satu workshop ukurannya 15×18 meter, sedangkan ukuran bangunan kantor yang akan dibangun 9×22 meter,” jelasnya.
Lebih jauh pria yang akrab disapa Priyo mengatakan, selain telah menyediakan anggaran untuk menyelesaikan pembangunan gedung baru di area BLK, tahun ini Pemko Banjarmasin juga mendapat kucuran dana berasal dari APBN yang berbentuk 5 paket bantuan pelatihan dengan nominal Rp497 juta.

Hal lain yang disampaikannya dalam kegiatan eksposes kegiatan SKPD tahun 2019 itu adalah tentang pelaksanaan kegiatan pelatihan Wira Usaha Baru (WUB), dimana sekira 150 WUB tahun ini akan diberikan pelatihan menjahit pakaian. “Kegiatan dilaksanakan 24 hari, kemudian mereka juga kita berikan 1 mesin obras, 2 mesin jahit, dan kita sewakan tempat usaha selama 1 tahun untuk per kelompok. Harapannya agar mereka bisa melanjutkan setelah 1 tahun,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan eksposes yang dilakukan Dinas Perdagangan Kota Banjarmasin, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengingatkan, agar pembentukan pasar rakyat yang merupakan program pemerintah pusat bisa dilaksanakan SKPD tersebut.

Sedangkan dalam ekspos yang dilakukan Dinas Pasar dan Perindustrian Kota Banjarmasin Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah menginginkan, agar instansi tersebut segera melakukan pendataan toko milik para pedagang Pasar Sudimampir dan Pasar Ujung Murung. Dengan adanya pendataan tersebut, ia berharap saat pelaksanaan rehabilitasi dan pembangunannya nanti tidak mengalami hambatan.(mario)

Reporter:Mario
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share