Connect with us

Kota Banjarbaru

20 Ambulans Diserahkan ke Puskesmas, Ini Kata Wali Kota Aditya

Diterbitkan

pada

Ambulans dan Puskesmas keliling disalurkan ke Puskesmas untuk kebutuhan layanan kedaruratan kesehatan di Kota Banjarbaru, Senin (10/6/2024). Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru sediakan fasilitas baru berupa 20 unit ambulans transport dan Puskemas keliling untuk kebutuhan layanan kedaruratan kesehatan warga ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Secara simbolis 20 unit armada ambulans diserahkan kepada masing-masing Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Kota Banjarbaru, Senin (10/6/2024) pagi.

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin melakukan penyerahan secara simbolis armada di Puskesmas Liang Anggang.

Wali Kota Aditya menjelaskan bahwa fasilitas ambulans sudah memenuhi standar dengan kelengkapan seperti tempat tidur, akses oksigen, genset, sound system, dan apar (alat pemadam api ringan).

Baca juga: MK Tolak Dua Gugatan Penggelembungan Suara Caleg DPR RI Dapil Kalsel

“Alhamdulillah sudah lengkap sudah memenuhi standar. Selain berfungsi sebagai ambulans karena memiliki sound system dan lainnya, juga bisa dimanfaatkan untuk sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Jadi ambulans ini multiguna,” beber Wali Kota Banjarbaru.

Dirinya menyebut, tujuan utama fasilitas ambulans ini adalah untuk meningkatkan sarana prasarana kesehatan di Banjarbaru.

Ambulans dan Puskesmas keliling disalurkan ke Puskesmas untuk kebutuhan layanan kedaruratan kesehatan di Kota Banjarbaru, Senin (10/6/2024). Foto : wanda

Pemko Banjarbaru menargetkan ada peningkatan pelayanan kepada warga Banjarbaru sebagai pendukung upaya dalam menyejahterakan masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada seluruh tenaga medis di Banjarbaru, yang telah mendedikasikan dan mengabdikan diri untuk masyarakat Kota Banjarbaru,” ucapnya.

Baca juga: Pengunjung THM Pakai Narkoba Dibawa ke Mapolres Banjarmasin

Wali Kota Aditya meminta seluruh pihak merawat armada dengan baik, sehingga pemanfaatan dapat berkepanjangan.

“Tolong ambulans ini dirawat, digunakan dengan baik, mudah-mudahan usia penggunaannya panjang untuk kepentingan masyarakat,” harap Aditya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru, Dr Juhai Triyanti Agustina menyebutkan, anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan armada ambulans lebih dari Rp10 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru, Dr Juhai Triyanti Agustina. Foto: wanda

“Anggarannya melakui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024 kurang lebih Rp8,9 miliar untuk ambulans transport dan Puskesmas keliling, kemudian ditambah APBD 2023 Rp1,5 miliar,” sebut Kadinkes Kota Banjarbaru, Dr Juhai Triyanti Agustina.

Baca juga: Resiko Rentan Jurnalis Mendapat Serangan Kekerasan Berbasis Gender Online

Kadinkes Banjararu menambahkan, pada tahun 2025, Dinkes Banjarbaru menargetkan pembangunan Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas) dan Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Mudah-mudahan semuanya bisa terakomodir, seperti untuk Pustu ingin kita bangun di Kelurahan Komet belum punya,” tandasnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->