Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

1.097 Pengawas Siaga Pengawasan Masa Tenang, Ini Pesan Pj Bupati HSU

Diterbitkan

pada

Apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan, dan perhitungan suara pada Pemilu 2024 di halaman kantor Bupati HSU, Minggu (11/1/2024) pagi. Foto: diskominfohsu

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan memberikan arahan pada pelaksanaan apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024, di halaman kantor Bupati HSU, Minggu (11/2/2024).

Dalam arahannya, Pj Bupati HSU Zakly Asswan menyampaikan, masa tenang pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 merupakan representasi dari kesiapan atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara serta masyarakat untuk menjaga kondusifitas jelang pemungutan suara.

“Tentu kita menginginkan Pemilu yang lancar, damai dan aman, semua agar dapat bergotong royong menyukseskan jalannya Pemilu, sehingga menghasilkan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas, karena ini harkat dan martabat kita semua,” katanya dihadapan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se Kabupaten HSU.

Zakly berpesan kepada seluruh pengawas untuk memperkokoh kerjasama dan koordinasi dengan seluruh penyelenggara Pemilu, mulai dari unsur TNI, Polri, KPPS, petugas keamanan TPS, hingga segenap komponen masyarakat.

Baca juga: Krisis Iklim Tak Pernah Dibicarakan, Hati-hati Pilih Capres dan Cawapres 14 Februari Nanti

Disamping itu, dia juga berpesan kepada penyelenggara Pemilu agar  mempersiapkan mental hingga fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja.

“Kita jaga semua dari awal hingga akhir jalannya Pemilu sebagai pesta demokrasi ini, sedangkan untuk pengawas juga jaga kesehatannya, sehingga selalu fokus pada saat melakukan pengawasan hingga Pemilu ini selesai,” pesannya.

Apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan, dan perhitungan suara pada Pemilu 2024 di halaman kantor Bupati HSU, Minggu (11/1/2024) pagi. Foto: diskominfohsu

Baca juga: Ramai Diparodikan, Ada Anggota KPPS yang Sedih dan Ada yang Tak Minder

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten HSU, Marfa’I menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan pencegahan pelanggaran dan pengawasan yang maksimal terhadap tahapan Pemilu.

“Kita pastikan Pemilu 2024 ini semua masyarakat memiliki hak pilih, kita harus siap melakukan pengawasan, melakukan pencegahan, dan melakukan penindakan yang melanggar aturan Pemilu,” tegasnya.

Selain itu, dia mengingatkan kepada jajaran pengawas Pemilu, untuk selalu memperluas intelegensi, ketelitian, dan kepekaan dalam melakukan pengawasan setiap tahapan Pemilu.

“Negara telah memberikan kepercayaan kepada kita untuk mengawasi setiap tahapan yang ada, terlebih lagi di masa tenang dan pada pelaksanaan nantinya,” katanya.

Baca juga: Ini Rincian Gaji Petugas KPPS dan Uang Operasional TPS

Lebih lanjut, Marfa’i menyebutkan, jumlah pengawas pemilu di HSU, diantaranya terdiri dari pengawas TPS berjumlah 768 orang, PKD 219 orang, pengawas tingkat kecamatan 3 komisioner dan jajaran staf, serta tingkat kabupaten 3 komisioner dan jajaran staf.

“Kalau dijumlah keseluruhan ada 1.097 pengawas, jumlah ini boleh dikatakan sedikit, tetapi semangat kami untuk mengawasi Pemilu tidak akan pernah surut, karena kami yakin dan percaya negara telah memandatkan kepada kami, terlebih kami bertekad untuk menjadikan membuktikan cinta tanah air,” pungkasnya.

Hadir dalam apel yang diisi dengan penandatanganan deklarasi tersebut, Ketua KPU HSU, Ihsan Rahman beserta jajaran,  Pejabat SKPD, Kapolres HSU, AKBP Melki Bharata, serta pejabat forkopimda lainnya dilingkungan Pemkab HSU. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email