Connect with us

Kabupaten Banjar

Workshop Satu Data Statistik Sektoral, Ini Pentingnya Satu Data dalam Satu Portal

Diterbitkan

pada

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar menggelar workshop Satu Data Statistik Sektoral.

Kegiatan dibuka Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM Aidil Basith di aula Barakat Setda Banjar, Kamis (10/6/2021).

Workshop Satu Data Statistik Sektoral Kabupaten Banjar diikuti perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Banjar.

Satu Data Statistik Sektoral merupakan kebijakan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data.



 

Baca juga: Soal Kemenangan BirinMu, H Supian HK: Pendukung Jangan Berlebihan  

Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM Aidil Basith mengatakan, tujuan dari workshop Satu Data Statistik Sektoral yaitu memberikan panduan kepada pengelola data dari masing-masing SKPD, dalam melaksanakan tugas menginput data sektoral masing-masing pada aplikasi yang disiapkan.

“Keberhasilan pembangunan daerah memiliki indikator antara lain kondisi data statistik sektoral yang merupakan acuan pengambilan kebijakan dalam pembangunan, dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” beber Aidil Basith.

“Tujuan workshop ini agar para peserta bisa menginput data masing-masing SKPD ke data kita dalam portal satu data,” jelasnya.

Pentingnya data yang pasti, terintegritas dan berkesinambungan sebagai bahan bagi pimpinan daerah dalam mengambil keputusan.

“Keputusan akan salah apabila data salah, keputusan akan lemah apabila datanya kurang,” tegas Aidil Basith.

Baca juga: Pile Slab Jembatan HKSN 1 Siap Dikerjakan, 46 Persil Lahan Dibebaskan  

Untuk itu, Aidil Basith meminta agar semua peserta workshop betul-betul menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh nara sumber. Sehingga bisa mengimplementasikannya untuk menginput data di SKPD masing-masing.

“Kita semua berharap, dengan kegiatan ini semua SKPD dapat menginput data secara berkala dan pada akhirnya kita akan bisa mewujudkan Satu Data Kabupaten Banjar,” tambahnya.

Workshop menghadirkan narasumber Koordinator Fungsional Intergrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Kabupaten Banjar, Arrahman Adnani dan Analis Sistem Informasi DKISP Kabupaten Banjar M Ali Hanafiah.

Baca juga: Menguji Peluang PSU Jilid 2 Pilgub Kalsel, Mungkinkah?

Peserta juga diajak berdiskusi terkait materi, dengan moderator Kepala Bidang Statistik dan Persandian DKISP Kabupaten Banjar H Akhmad Syarwani.

“Tim Pengelola yang berasal dari masing-masing SKPD ini akan melakukan pengelolaan data secara berkelanjutan yang akan mencapai keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah,” jelas Akhmad Syarwani didampingi Kasi Statistik, H Rudi Ramadhani. (kanalkalimantan.com/mckominfobanjar/yuda)

Reporter: yuda
Editor: kk

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->