Connect with us

Kabupaten Banjar

UMKM Naik Kelas dari Baru Merintis ke Baru Berkembang hingga Mapan

Diterbitkan

pada

seminar UMKM naik kelas, mandiri dan berdaya wirausaha berkembang di Aston Banua Hotel, Selasa (5/12/2023). Foto: nh

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar menggelar seminar UMKM naik kelas, mandiri dan berdaya wirausaha berkembang di Aston Banua Hotel, Selasa (5/12/2023).

Pelatihan sekaligus seminar ini didominasi oleh kaum perempuan karena alasan diantaranya perempuan kreatif mencari penghasilan tambahan, hobi mencari cuan dan juga sebagai pejuang single mom.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, Kencana Wati SHut ME mengatakan, dari hasil analisis kaum perempuan lebih banyak waktu untuk mengerumpi, gosip dan lain sebagainya, setelah adanya UMKM kegiatan perempuan lebih bermanfaat dan juga dapat meningkatkan perekonomian.

Baca juga: Janji Kampanye Capres Anies di Kalsel: Bangun Kereta Api dan Stadion Berkelas Internasional

Peserta pelatihan ada 60 UMKM yang dipilih rata-rata mereka berstatus wirausaha berkembang dan mapan. Jadi ada tiga kategori UMKM yakni baru merintis, baru berkembang, dan baru mapan.

“Kita berharap UMKM yang berkembang dan mapan tidak stagnan usaha mereka. Jadi usaha mereka bisa berkembang lagi. Kita ingin menganalisis hal-hal apa saja yang bisa kita intervensi dan kendala apa saja yang menjadi hambatan untuk menaikan kelas UMKM mereka,” bebernya.

Baca juga: Redkar Mandiangin Dibekali Skill Penanganan Kebakaran

Dengan mengakomodir dari UMKM yang sudah mapan dan yang sudah punya pasar jelas. “Alhamdulillah yang sudah fokus jadi pesertanya memang rata-rata dari kerajinan dan kuliner, dari kriya juga kita sudah coba mengembangkan.

Tidak hanya fokus kepada produk-produk kain tapi sudah ke produk-produk diversifikasinya seperti dompet, tas, atau tas rajutan dan lain-lain sebagai pemasukan sendiri,” bebernya.

Baca juga: Bawaslu HSU Minta Panwaslucam Optimalkan Pengawasan Masa Kampanye

Mereka bisa berkembang lebih baik jika naik kelas. Ada omset yang bertambah dan ada aset-aset secara bertambah otomatis meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. (Kanalkalimantan.com/nh)

Reporter : nh
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email