Ubah Tampilan Pasar Kuliner, Pemkab Banjar Sediakan Rp 1,04 M - Kanal Kalimantan
Connect with us

Advertorial

Ubah Tampilan Pasar Kuliner, Pemkab Banjar Sediakan Rp 1,04 M

Diterbitkan

pada

Pasar kuliner khas Banjar di Pasar Martapura dalam waktu dekat akan dirubah penampilannya. Foto : rendy

MARTAPURA, Rencana Bupati Banjar KH Khalilurrahman untuk membangun pasar kuliner khas Banjar di pasar Martapura, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) dan PD Pasar Bauntung Batuah akan segera terwujud.

Menurut Ferryansyah SE MM, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Banjar, rencana pembuatan pasar kuliner modern itu sudah memasuki tahap lelang. Dan untuk putusan pemenang akan diumumkan selama satu sampai dua hari belakangan terakhir. Sedangkan pembangunan akan dilakukan bertahap mengingat anggaran yang tersedia terbatas.

“Untuk penetapan pemenang lelang akan diumunkan sekitar satu dua hari ke depan, untuk tahap pertama ini anggarannya sebesar Rp 1,04 miliar,” ujarnya.

Proyek dengan anggaran dana total sebesar Rp 3,5 miliar tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dibangun pasar kuliner sepanjang 32 meter dengan lebar 12 meter. Bangunan tersebut  bakal mampu untuk menampung 20 kios pedagang.

Sedangkan untuk tahap kedua akan dilanjutkan tahun depan, Pemerintah Kabupaten Banjar akan membangunkan bangunan serupa, sehingga mampu untuk menampung keseluruhan pedagang yang berjumlah 51 orang.

“Kami sudah sosialisasi dan ada kesepakatan dengan pedagang, nanti selama itu dibangun pedagang akan dipindahkan ke samping jalan Kayu Tangi untuk sementara waktu pengerjaan. Setelah pembangunan selesai akan dikembalikan lagi ke pasar yang baru akan dibangun tersebut,” ujarnya

Adapun pelaksaan pembuatan pasar kuliner tersebut diwacanakan akan dikerjakan sekitar awal September, sedangkan untuk target penyeleseiannya akan membutuhkan waktu 90 hari kalender.

“Harapannya dari pasar kuliner ini semoga menjadi pasar yang sehat, dan menjadi daya tarik wisata untuk berkunjung dengan makan dengan layak bersih serta menjadi penggerak ekonomi untuk warga sekitar pasar,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan