Connect with us

HEADLINE

Tuntas 71 Hari Masa Jabatan Pjs Wali Kota, Bernhard Pamit dari Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Sekdako Banjarbaru Said Abdullah (kiri) memberikan kenang-kenangan kepada Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu (kanan) yang mengakhiri masa jabatannya, Jum'at (4/12/2020).Foto: Rico

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Berakhir sudah 71 hari masa jabatan Bernhard E Rondonuwu sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Banjarbaru. Kini, sosok pemimpin yang dikenal tegas itu akan kembali melanjutkan tugasnya sebagai apartur sipil negara di gedung Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Acara perpisahan diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi yang diberikan Bernhard menjalankan roda pemerintahan, berlangsung di aula Gawi Seberataan Balai Kota Banjarbaru, Jumat (4/12/2020) malam.

Ditandai dengan penyerahan himpunan laporan kegiatan harian Bernhard selama menjabat sebagai Pjs Wali Kota Banjarbaru. Terhitung sejak tanggal 26 September sampai berakhir 5 Desember 2020.

Laporan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banjarbaru Said Abdullah dan disaksikan jajaran Forkopimda Kota Banjarbaru, Kepala SKPD di lingkungan Pemko Banjarbaru, serta para Camat se Kota Banjarbaru.



 

Suasana haru berbalut canda tawa menghiasi pelepasan Bernhard kembali ke tempat kerjanya berasal. Berbagai cerita yang tak lepas dari penyampaian apresiasi dicurahkan oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemko Banjarbaru.

Dalam sambutannya, Bernhard menyampaikan bahwa dirinya telah selesai melaksanakan tugas yang diamanatkan. Tugas yang diberikan oleh pemerintah pusat terhadap dirinya itu, yakni menjalankan roda pemerintahan, melandaikan kasus Covid-19 di Banjarbaru, dan memperlancar serta membuat suasana aman Pilkada Banjarbaru yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

“Semua yang saya lakukan untuk Kota Banjarbaru ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat arah pembangunan sebagaimana visi dan misi di Kota Banjarbaru yang ingin tampilkan pelayanan yang berkarakter,” katanya didampingi sang istri Vonny Rompas.

Selama memimpin Banjarbaru, Bernhard mengungkapkan bahwa dirinya ingin menjadikan mindset atau pola pikir seluruh pegawai ASN di Banjarbaru berubah sebagai pelayan masyarakat. Juga termasuk menampilkan sisi ASN yang berkompeten dalam hal melayani masyarakat.

Dibuktikan katanya, dimana kini di seluruh kantor pusat pelayanan Pemko Banjarbaru sudah menjalankan tugasnya dengan dan bahkan sangat mengedepankan protokol kesehatan di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Saya juga sudah mengecek seluruh kegiatan baik yang ada di kantor SKPD dan di jajaran ke wilayahan terutama kecamatan dan kelurahan. Saya pastikan yang namanya program kesehatan sudah siap. Seluruh pegawai ASN di Banjarbaru juga mempersiapkan internal mereka sendiri untuk mendukung KPU dalam pelaksanaan Pilkada, 9 Desember mendatang,” terang Pak Ben yang akrab disapa.

Tak sampai di situ, Pjs Wali Kota Banjarbaru juga berpesan kepada siapapun yang akan terpilih menjadi Wali Kota pada ajang Pilkada tahun ini, agar dapat mengembangkan seluruh potensi dan peluang yang ada di Banjarbaru. Sebab, diklaimnya pelayanan pemerintahan kepada masyarakat sudah sangatlah bagus.

“Barangkali potensi yang harus dilihat adalah bagaimana kemudian warga Banjarbaru semakin hari semakin mengerti dan merasakan soal pelayanan yang berkarakter. Apa yang menjadi peluang dari Banjarbaru ini yang pertama adalah masyarakatnya yang bersemangat. Masyarakat Banjarbaru yang heterogen dapat cepat menyesuaikan dengan perkembangan inovasi yang akan nantinya dibuat oleh Pemko Banjarbaru,” ujar Bernhard mengakhiri sambutannya.

Sebagaimana diketahui, kursi Wali Kota Banjarbaru telah lama kosong, pasca wafatnya Nadjmi Adhani pada 10 Agustus 2020. Meskipun secara otomatis roda pemerintahan Banjarbaru diambil alih oleh Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan.

Namun kondisi itu tak berlangsung lama. Karena tepat pada 26 September 2020, Jaya -sapaan akrab Wakil Wali Kota- telah resmi memasuki masa cuti untuk menjalani tahapan pencalonan di Pilkada 2020.

Atas kekosogan pucuk pimpinan di Banjarbaru tersebut, Kemendagri menunjuk Bernhard E Rondonuwu sebagai Pjs Wali Kota Banjarbaru. Bernhard sendiri merupakan Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kemendagri. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->