Tunggangan Anyar Chopper Kawasaki W175 Milik Jokowi - Kanal Kalimantan
Connect with us

Otomotif

Tunggangan Anyar Chopper Kawasaki W175 Milik Jokowi

Diterbitkan

pada

Chopper Kawasaki W175 Milik Jokowi Foto : net

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyita perhatian para pecinta motor kustom di Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu touring menggunakan Chopper berbasis Royal Enfield Bullet 350, kini orang nomor satu di Indonesia itu menunggangi Kawasaki W175 yang sudah di-kustom ala Chopper.

Motor kustom karya Katros Garage tersebut sebelumnya sudah sempat viral di media sosial, namun. Saat itu, Andi Akbar alias Atenx mulai membeberkan proyeknya menggarap motor Jokowi menggunakan basis W175. Kawasaki W175 yang memiliki paras retro klasik ini memang cukup naik daun di dunia kustom. Basisnya dianggap sudah mempuni untuk diolah menjadi berbagai aliran kustom.

Pada tunggangan Jokowi, Atenx menerapkan konsep Chopper yang awalnya didahului dengan menggarap desain. Menurut Atenx, desain menjadi dasar bagi tiap karyanya, termasuk sebelum merombak motor Jokowi yang sebelumnya didahului dengan memberikan beberapa referensi desain.

“Sudah dari sembilan tahun lalu, jadi setiap motor yang mau saya garap saya bikin dulu desainnya. Untuk desain yang dipilih (Jokowi) adalah desain yang saat ini teman-teman bisa lihat pada motornya sekarang,” kata Atenx, Senin (5/11/2018) dinukil dari Kompas.com.

Menurut mantan freestyler ini, proses rancang bangun memakan waktu selama dua bulan. Selain dari sisi model, fokus pengerjaan juga dari sisi ergonomi dan durabilitas yang ikut diperhitungan menyesuaikan pilihan desain yang dipilih mantan Gubernur DKI itu. Bahkan prosposisi berkendara juga ikut diperhitungan. Atenx sempat meminta seorang temannya yang memiliki tinggi dengan Jokowi untuk dijadikan model mendapatkan posisi duduk yang nyaman.



“Semuanya kami persiapkan dan pikirkan betul-betul. Sampai-sampai saya minta teman saya yang tingginya sama dengan Pak Jokowi, untuk duduk dan merasakan apakah posisi duduknya sudah nyaman atau belum,” kata Atenx. Ubahan yang dilakukan cukup menyeluruh dari beragam sektor. Suspensi depan diganti menggunakan model upside down, yang kemudian dipadukan dengan pelek 16 inci dan ban berdimensi 5.00-16.

Agar nuansa Chopper lebih terasa, kemudi diganti menggunan model Drag Bar. Sementara untuk tangki cover body, dan spakbor depan-belakang dibuat secara handmade oleh menggunakan plat galvanis 1,2 mm, termasuk untuk knalpot yang dikustom menggunakan bahan stainless-steel.

Semantara untuk memberikan kenyamanan berkendara, Atenx membungkus singasana jok dengan kulit sintetis berwarna hitam. Perangkat aftermerket pun ikut disematkan sebagai penunjang kelengkapan berkendara, mulai dari kaca spion, lampu depan dengan LED 5.75 inci, lampu stop, dan sein.

Atenx berharap karyanya ini bisa berkontribusi untuk meramaikan industri dunia motor kustom di Tanah Air. Selain juga menjadi bukti bahwa karya lokal memiliki kualitas yang tidak kalah saing. “Dulu mungkin orang awam masih percaya nggak percaya sama kreasi anak bangsa, mudah-mudahan dengan adanya momen ini, mereka yang tadinya ragu, sekarang jadi yakin. Presiden saja percaya dengan industri kreatif anak bangsa,” ucap pria berdarah Bugis ini. (kmps)

Reporter : Kmps
Editor : Bie

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan