Connect with us

Pendidikan

Tumbuhkan Minat Baca Anak Lewat Perpustakaan Tendean Berdongeng

Diterbitkan

pada

Kegiatan Perpustakaan Tendean Berdongeng dalam rangka memperingati Hari Dongeng Nasional, Selasa (28/11/2023). Foto: Dispersipkalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Momentum peringatan Hari Dongeng Nasional 28 November 2023 dimanfaatkan Perpustakaan Tendean untuk menghibur anak-anak TK dan PAUD di Banjarmasin.

Perpustakaan di bawah pengelolaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel itu menghadirkan pendongeng anak Novea Eka Saputri alias Ka Novi. Ka Novi hadir bersama tokoh bonekanya yang diberi nama Alvin.

Acara bertajuk Perpustakaan Tendean Berdongeng dihadiri puluhan peserta didik dari 10 taman kanak-kanak di Kota Banjarmasin.

Baca juga: Beredar Video Banjir di Pengaron, Kalak BPBD Banjar Pastikan Hoax

Diantaranya TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6, TK Mutiara Hati, TK Kartika V-23, TK Asy-Syukru, Raudhatul Athfal Al-Jawiyah, PAUD Terpadu Negeri Pembina, PAUD Restu Ibu, PAUD Terpadu Raudhatul Athfal Al Hanif School, KB Tunas Mulia, dan TK Hang Tuah.

Kepala Dispersip Provinsi Kalsel melalui Sekretaris Endang Camsudin mengatakan, kegiatan berdongeng yang dilaksanakan pihaknya bertujuan memupuk dan mengembangkan literasi anak-anak sejak dini.

“Karena dongeng ini banyak sekali manfaatnya, misalnya untuk pengembangan kosa kata maupun pengembangan emosional anak,” ungkapnya di sela kegiatan, Selasa (28/11/2023) siang

Baca juga: Wabup Banjar Launching 69 Inovasi Daerah dan Monitoring Evaluasi Inovasi Daerah

Lanjut Endang, kegiatan berdongeng bukan kali pertama dilaksanakan pihaknya, melainkan kegiatan yang sudah sering digelar Dispersip Kalsel.

Sementara itu, Ka Novi berharap dongeng sebagai karya sastra lama harus selalu hidup dan dilestarikan dalam masyarakat.

Menurutnya, orangtua sebagai guru pertama bagi anak harus menanamkan nilai-nilai karakter dan budi pekerti yang baik pada anak, salah satunya lewat dongeng.

Baca juga: Bangunan Liar di Trikora Kena SP 2, Disperkim Banjarbaru Bawa Petugas PLN

Seperti tema yang ia angkat dalam kegiatan berdongeng tersebut yaitu mencintai buku, bertujuan membuat anak-anak suka membaca.

“Kepada anak kita juga tanamkan nilai kejujuran dan budi pekerti tentang berbagi,” pungkasnya.(Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki

Editor : bie

 

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email