Connect with us

HEADLINE

Tinggalkan Plastik, Bakul Purun Jadi Wadah Daging Kurban di Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Bakul purun disediakan panitia kurban Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru untuk wadah pendistribusian daging kurban. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Penyelenggaraan ibadah kurban Iduladha 1445 Hijriah di Banjarbaru menerapkan sistem ramah lingkungan.

Sejalan dengan ajakan Pemerintah Kota Banjarbaru untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan menggunakan wadah ramah lingkungan untuk daging kurban.

Seperti yang dilakukan di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru, dimana panitia kurban menerima bantuan ribuan bakul purun untuk wadah atau tempat daging kurban untuk dibagikan.

Baca juga: Jemaah Haji Asal Tabalong Wafat Jelang Wukuf Arafah

Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Agung Al Munawwarah, Said Abdullah. Foto: wanda

Said Abdullah, Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru mengatakan, panitia kurban menyiapkan 8 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

“Dari hasil urunan ada 6 ekor sapi dan 2 ekor sumbangan perorangan, serta dua ekor kambing, insyaallah kita selesaikan dan bagikan hari ini juga dengan memanfaatkan bakul purun,” ujar Said Abdullah saat diwawancarai, Senin (17/6/2024) siang.

Panita kurban Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru menghargai aturan pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik, sehingga memanfaatkan bakul purun dalam pembagian daging kurban.

Baca juga: Harga Daging Sapi Stabil di Pasar Bauntung Banjarbaru, Ayam Ras Naik Capai Rp31 Ribu per Kg

Ketua Panitia Kurban di Masjid Agung Al Munawwarah, Syahdi Hidayat Said. Foto: wanda

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Masjid Agung Al Munawwarah Syahdi Hidayat Said menyebutkan, ada 1.224 kupon yang disediakan untuk pengembilan daging kurban.

“Kita bagikan kepada warga, fuqara, dan masakin di lingkungan Masjid Agung,” ungkap Syahdi Hidayat Said.

Baca juga: Panitia Kurban Masjid Hajjah Nuriah Banjarbaru Sembelih 14 Ekor Sapi

Tahun ini, kata dia adalah tahun pertama mereka menggunakan wadah ramah lingkungan untuk pendistribusian daging kurban.

“Kita juga mendukung program pemerintah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, maka kita menggunakan bakul purun yang diberikan Dinas Lingkungan Hidup,” jelas dia.

Di sisi lain dalam pemotongan hewan kurban, panitia menggunakan alat mekanis untuk memudahkan penyembelihan. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->