Connect with us

Dispersip Kalsel

Tim Literasi Palnam Menembus Pelosok, Hadirkan Buku Hingga Sungai Durian Kotabaru

Diterbitkan

pada

Anak-anak sekolah dasar di Kecamatan Sungai Durian, Kotabaru, saat dikunjungi tim literasi Palnam. Foto: dispersipkalsel

KANALKALIMANTAN.COM, KOTABARU – Mendatangi pelosok wilayah Kalimantan Selatan, tim literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel berkunjung ke Kabupaten Kotabaru.

Semangat menyebarkan dan membumikan minat baca ke penjuru Kalsel tidak pernah surut konsisten digelorakan. Tim Palnam menembus hingga ke SDN 1 Rantau Buda, SDN Manunggal Baru, dan SMPN 1 Sungai Durian di Kabupaten Kotabaru.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan kedatangannya ke sekolah-sekolah di daerah pelosok merupakan bentuk sinergi dan dukungan terhadap program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Kabupaten Kotabaru.

Para pelajar sangat antusias dengan kedatangan perpustakaan keliling, selain menghibur dengan bernyanyi, senam otak, senam sehat, juga dimeriahkan dengan badut-badut karakter.



Baca juga : Vaksinasi 45,27% dan Aglomerasi, Banjarbaru Masih PPKM Level 4?

“Mereka juga berkesempatan membaca buku-buku cerita fiksi, buku-buku anak-anak yang selama ini kurang begitu mereka rasakan karena mereka merupakan masyarakat desa yang terisolir dan terpelosok,” kata Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie, Senin (4/10/2021).

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Rantau Buda, Sukimin tak menyangka pepustakaan keliling milik Dispersip Kalsel sampai ke lokasi sekolah mereka. “Dari Banjarmasin jauh-jauh hingga ke pelosok sini, ini sebuah perjuangan yang sungguh luar biasa, ikut memperhatikan kami yang jauh dari kota ini,” ujar Sukimin.

“Terima kasih sekali kepada Dispersip Provinsi sudah mau datang ke sekolah kami yang jauh dari perkotaan, dan membantu kami mendidik anak bangsa,” tutur Sukimin.

Kepsek SDN 1 Rantau Buda berharap Dispersip Kalsel bisa terus memfasilitasi anak-anak didik dengan buku-buku bacaan dan perpustakaan keliling.

“Semoga kedepan bu Nunung bisa terus memfasilitasi kami dengan layanan perpustakaan kelilingnya,” kata Sukimin. (kanalkalimantan.com/rls)

Reporter : rls
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->