Connect with us

Kota Banjarbaru

Tertangkap Warga di Tabalog, Beruang Madu Ini Masuk Kandang BKSDA Kalsel

Diterbitkan

pada

MASUK KANDANG, Beruang madu yang tertangkap warga di Tabalong kini dititipkan di kandang transit di BKSDA Seksi Wilayah 2 Banjarbaru. Foto : abdullah

BANJARBARU, Beruang madu (Helarctos malayanus) terjerat jebakan babi hutan milik warga di Desa Lano, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong mampir sementara di BKSDA Seksi Wilayah 2 Banjarbaru. Beruang tersebut tiba di BKSDA Seksi Wilayah 2 Banjarbaru Senin (26/2) pukul 03.00 Wita, setelah dijemput langsung oleh Tim Satgas Konflik Satwa untuk dievakuasi untuk dititipkan di kandang transit di BKSDA Seksi Wilayah 2 Banjarbaru.

Koordinator Polhut BKSDA Seksi Wilayah 2 Banjarbaru, Kaowino mengatakan, beruang yang ditemukan dalam kondisi liar dan masih melekat tali yang menjerat kaki dan tangannya.

“Karena masih dirasa berbahaya, petugas melumpuhkan beruang dengan cara membius.  Hal tersebut untuk memudahkan melepas jeratan di tangan dan kakinya,” ucap Kaowino kepada Kanal Kalimantan, Senin (26/2).

Kaowino menambahkan, beruang betina berumur antara 4-5 tahun ini diperkirakan terjerat selama sehari. “Akibat lamanya dia terjerat, mengakibatkan aliran darah tersumbat dan akhirnya terjadi pembengkakan pada bagian yang kena jerat,” ucapnya.



Foto : abdullah

Dia juga menyampaikan, beruang temuan ini rencananya Selasa (27/2) akan diperiksa oleh dokter hewan Banjarbaru untuk mengetahui kondisi kesehatan beruang tersebut. “Sehingga nantinya dapat diketahui apakah dapat dilepas liarkan langsung atau dirawat terlebih dahulu sebelum dilepas liarkan,” tambahnya lagi.

Dari pantauan Kanal Kalimantan, beruang tersebut masih berada di dalam kandang kecil dan masih terlihat galak. Dari segi segi makan, nafsu makannya masih tinggi. “Dari tadi pagi sudah habis makan pisang satu sisir,” ujar Kaowino.

Sebelumnya pada hari Sabtu (24/2) beruang madu ini didapati terperangkap jebakan milik salah seorang warga bernama Idham yang memasang jerat untuk mengamankan kebunnya yang sering dirusak oleh babi hutan.

Idham pada hari Sabtu sekitar pukul 06.30 wita pergi ke kebun miliknya di Desa Lano RT 5 Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong dan menemukan adanya beruang yang terperangkap di jerat yang dia pasang.  Selanjutnya temuan tersebut dilaporkan ke aparat desa dan juga Polsek Jaro. Baru sekitar pukul 15.30 Wita, beruang berhasil dijinakkan.

Selanjutnya beruang madu dibawa ke Polsek Jaro. Pihak polsek pun melaporkan temuan beruang madu itu ke BKSDA Kalsel untuk proses lebih lanjut. (abdullah)

Reporter : Abdullah
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->