Connect with us

HEADLINE

Taman Edukasi Baiman Banjarmasin Jadi Sasaran Vandalisme, Warga: Dijaga Itu Milik Bersama

Diterbitkan

pada

Taman Edukasi Baiman samping Duta Mall Banjarmasin menjadi sasaran aksi vandalisme, coretan tangan usil itu belakangan ditutup cat putih, Rabu (23/11/2022). Foto: Wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASINTaman Edukasi Baiman di Kecamatan Banjarmasin Tengah menjadi sasaran aksi vandalisme atau corat-coret menggunakan cat oleh tangan usil tidak bertanggung jawab.

Coretan tersebut terlihat menghiasi sebuah tempat duduk besar berbahan semen yang letaknya persis menghadap Jalan Simpang Ulin.

Semua coretan tersebut dibuat menggunakan cat semprot warna merah.

Seorang juru parkir di dekat Taman Edukasi Baiman, Iyes mengungkapkan, coretan itu terlihat sejak dua hari terakhir. Dirinya yang menjalankan tugas juru parkir pada sore hingga malam itu tak mengetahui siapa pelaku tangan usilnya.



 

Baca juga : Hadapi Bencana Hidrometeorologi, Tagana Banjarbaru Siaga 24 Jam

“Oh iya coretan itu saya lihat, kira-kira sejak dua hari yang lalu,” ungkap Iyes kepada Kanalkalimantan.com.

Menurut Iyes banyak pengunjung yang berdatangan ke taman tersebut untuk sekadar duduk dan nongkrong, terlebih pada saat malam hari.

“Gak tahu siala pelakunya itu, tapi ya memang banyak yang nongkrong di sini, apalagi jam 12 malam ke atas,” akunya.

Dikatakan Iyes lagi bahwa masyarakat yang nongkrong itu kebanyakan adalah anak muda yang membawa sepeda motor. Sehingga sulit mengetahui siapa pelaku aksi vandalisme di ruang terbuka publik milik Pemko Banjarmasin itu.

Baca juga  : Bawaslu HSU Ingatkan Panwascam Tertib Administrasi Anggaran Pengawasan Pemilu 2024

Sementara itu Adri, seorang tukang ojek online (Ojol) yang sering mangkal di lokasi taman berdampingan dengan Duta Mall Banjarmasin ini mengatakan, tak pernah melihat kenakalan remaja di lokasi tersebut.

“Lumayan saya sering mangkal duduk di sini sambil nunggu orderan, tapi selama ini gak ada sih ya saya lihat coret-coret itu,” ujar Adri.

Meskipun Adri tak melihat kejadian itu, dirinya turut menyayangkan adanya aksi corat-coret salah satu titik yang menjadi tempat istirahat para ojol tersebut.

“Ya sayang aja sih tidak bagus dilihatnya bahkan dari jalan raya terlihat, dicoretin tulisan begitu,” sebutnya.

Baca juga  : Program Restorasi Terumbu Karang PLN Raih Penghargaan ISDA 2022

Pantauan Kanalkalimantan.com, Rabu (23/11/2022) petang, terlihat coretan-coretan tersebut sudah dihapus dengan cat berwarna putih.

Melihat kejadian tersebut, Adri meminta warga agar turut menjaga aset milik Kota Banjarmasin itu. Mengingat taman itu dibangun tak hanya untuk tempat nongkrong anak muda maupun pengunjung tetapi juga sebagai tempat ojol turut beristirahat.

Warga lain, Olga (21) bahkan merasa kurang nyaman saat melintas di depan ruang terbuka hijau tersebut. Pasalnya, ada sejumlah coretan yang kurang sesuai dengan norma-norma kemasyarakatan.

“Saya dari Batulicin aslinya, pas jalan-jalan mau belok ke Duta Mall melihat coretan itu kurang nyaman ya harusnya dijaga,” imbuh Olga.

Baca juga  : Selebgram Banua Diduga Jadi Korban Penganiayaan Suami Sirinya Oknum Polisi 

Sebagai pengunjung yang berasal dari luar daerah, ia pun turut meminta warga untuk ikut mengawasi keindahan dan kebersihan taman tersebut.

“Ya, sebenarnya dengan kami melihat begini kami juga ikut mengingatkan kepada masyarakat, dan tentunya juga aksi coret- coret itu bisa disampaikan kepada tokoh masyarakat atau perangkat kota,” pungkas Olga. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->