Tak Ingin Pencurian Terulang, Gudang Logistik KPU Banjar Dijaga 24 Jam - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

Tak Ingin Pencurian Terulang, Gudang Logistik KPU Banjar Dijaga 24 Jam

Diterbitkan

pada

Abdul Karim, Divisi Hukum KPU Kabupaten Banjar Foto : rendy

MARTAPURA, Hindari pencurian kotak suara dan bilik suara agar tidak terulang kembali, KPU Kabupaten Banjar siapkan 2 petugas berjaga 24 jam di gudang penyimpanan logistik -Ruko PPS Sekumpul No I dan II G Martapura Kabupaten Banjar-.

Abdul Karim, Divisi Hukum KPU Kabupaten Banjar, terhitung sejak 25 Oktober 2018, KPU Banjar sudah menerima pasokan logistik berupa kotak suara untuk Pemilu 2019.

“Adapun total jumlah kotak suara yang kita terima, 9 truk berisi 5.484 buah bilik dan 9.140 buah kotak suara, untuk untuk 1.828 TPS se-Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Sementara untuk pendistribusian ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Banjar, hingga sekarang masih belum ada penetapan, masih harus menunggu Juknis (Petunjuk Teknis) dari KPU Kalsel terlebih dahulu .

Ditambahkan Karim, sembari menunggu pendistribusian ke TPS, seluruh bilik dan kotak suara berbahas kertas khuhsus tersebut hingga sekarang masih disimpan di Ruko PPS Sekumpul No I dan II G Martapura Kabupaten Banjar dijaga selama 24 jam.

“Logistik tahun Pemilu 2019 berbeda dengan sebelumnya, sekarang terbuat dari kertas dan itu rentan sekali jika terbakar, sementara untuk logistik kita amankan di gudang dengan penjagaan 24 jam. Menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terbakar dan hilangnya logistik serupa pada beberapa bulan yang lalu,” pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, pencurian kotak suara dan bilik suara milik KPU Kabupaten Banjar ternyata dilakukan berulang kali alias tak hanya dalam satu kali aksi saja. Terungkap dari hasil introgasi polisi kepada kawanan pencuri yang bermain rapi, pencurian berhasil diungkap Unit Gabungan Polres Banjar, Polres Banjarbaru dan Polsek Martapura Kota dari empat kelompok pencuri pada Jumat (6/7/2018) lalu.

Meski pencurian aset negara itu dicuri berulang-ulang kali, ternyata pihak KPU Kabupaten Banjar baru mengetahui setelah kejadian Jum’at tanggal 6 Juli 2018 itu.

Kepada Kanal Kalimantan, Abdul Karim, Divisi Hukum KPU Kabupaten Banjar mengakui, pihaknya baru mengetahui kejadian pencurian pada Jumat (6/7) itu.  Dua macam barang milik negara tersebut berupa kotak suara dan bilik suara yang disimpan di gudang. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!