Connect with us

Pendidikan

Tahun Depan Disdikbud Kalsel Bangun 4 SMA dan 2 SMK  

Diterbitkan

pada

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel tahun 2021 akan membangun 4 SMA dan 2 SMK baru. foto: dok.kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sejak 2017-2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah membangun 9 sekolah jenjang SMA dan SMK, tersebar di berbagai daerah termasuk di daerah pelosok.

Pembangunan fasilitas pendidikan tersebut masih terus digenjot pada 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yusuf Effendi mengatakan, berencana membangun 5 unit SMA pada tahun 2021. Hanya saja rencana tersebut harus direvisi mengingat keterbatasan dana yang dimiliki.

“Karena keterbatasan dana, kita hanya bisa menganggarkan 4 unit SMA saja yang dibangun pada tahun 2021,” katanya, Rabu (2/9/2020) siang.



Usulan pembangun 4 SMA tersebut, salah satunya berada di Kota Banjarbaru. Disdikbud Kalsel memfokuskan pembangunan SMA baru di Kecamatan Landasan Ulin atau SMAN 5 Banjarbaru.

Pihak Disdikbud Kalsel sudah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru sebagai penyedia lahan sekolah seluas kurang lebih 2 hektare. Sedangkan, untuk pembangunan fisik gedung sekolah akan dikerjakan Disdikbud Kalsel.

Tidak hanya SMA, kata Effendi, juga mengusulkan pembangunan 2 SMK melalui dana APBN. Yakni SMKN 4 Amuntai di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan SMKN 1 Candi Laras di Kabupaten Tapin.

“Dengan dibangunnya sekolah-sekolah di daerah, apalagi di daerah terpencil, tentu harapannya agar mudah mengakses pendidikan, sehingga meningkatkan angka harapan lama sekolah dan angka rata-rata lama sekolah,” katanya.

Selain membangun sekolah baru, Pemprov Kalsel juga telah menambah ruang kelas baru sebanyak 172 unit yang terdiri dari penambahan ruang kelas baru di pendidikan khusus sebanyak 27 unit, SMK 35 unit dan SMA 110 unit. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : rico
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->