Connect with us

NASIONAL

Tafsir Politik Prabowo Unggah Foto Bareng Jokowi, Pengamat: Akrab Demi 2024

Diterbitkan

pada

Prabowo bersama Jokowi saat Pilkada DKI Jakarta Foto: Instagram/Prabowo

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA- Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunggah foto kedekatan dirinya dengan Presiden Joko Widodo. Foto yang diunggah di akun Instagram @prabowo itu sekaligus menjadi ucapan ulang tahun ke-60 Jokowi.

Pakar Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai bahwa unggahan tersebut biasa dilakukan para elit politik.

Namun, khusus untuk Prabowo dianggap sengaja untuk memenuhi kebutuhan maju di Pilpres 2024.

“Prabowo ucapkan selamat, Anies ucapkan selamat, dan tokoh-tokoh lain juga ucapkan selamat. Prabowo sedang butuh Jokowi dan juga butuh dukungan rakyat. Butuh Jokowi karena ketika Pilpres nanti di bulan Februari 2024 Jokowi masih menjabat sebagai presiden,” kata Ujang saat dihubungi Suara.com, Selasa (22/6/2021).



 

 

Ujang mengatakan, Prabowo dianggap paham kalau Jokowi masih bisa menentukan soal pencapresan pada 2024 nanti.

“Jadi jika mengunggah foto kebersamaan di tahun 2012 itu karena mereka berdua seolah-olah akrab,” tuturnya.

Baca juga :Bawa Surat Antigen Palsu, Seorang Pelajar Diamankan di Bandara Syamsudin Noor

Lebih lanjut, Ujang mengatakan, Prabowo saat ini tidak akan mencari musuh. Ia menilai kekinian para elite yang potensial menjadi calon presiden pada 2024 sedang jalin komunikasi dengan berbagai kalangan.

“Saat ini Prabowo tak akan mencari musuh. Jokowi rival di Pilpres 2014 dan 2019 yang lalu, yang dituduhnya curang tersebut kini seolah-olah baik-baik saja. Seolah akrab-akrab saja,” kata dia.

Prabowo bersama Jokowi saat Pilkada DKI Jakarta Foto: Instagram/Prabowo

Untuk diketahui, foto bernuansa hitam putih itu menggambarkan momen kedekatan Prabowo dengan Jokowi semasa Pilkada DKI 2012.

Dalam foto tampak Jokowi masih mengenakan pakaian khas kampanyenya saat itu, yakni kemeja kotak-kotak. Apakah ada makna tersendiri saat Prabowo mengunggah foto tersebut?

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, tidak ada makna khusus. Ia berujar, unggahan foto itu hanya untuk mengucapkan ulang tahun kepada Jokowi.

Terkait pemilihan foto masa lalu Prabowo dan Jokowi menjelang Pilkada DKI, Dasco berujar itu menggambarkan keakraban keduanya.

Baca juga: Dinas PMD Kalsel Gelar Lomba Desa/Kelurahan Bertema Bangkit di Masa Pandemi

“Yang milih atau update status kan admin. Dipilihnya foto bernuansa keakraban antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo. Punya harapan bahwa dalam rangka memperingati ultah, yaitu keakraban itu serius terjalin guna kemaslahatan bangsa dan negara,” kata Dasco.

Dasco mengatakan, keakraban yang tergambar melalui foto bersifat personal antara Prabowo dan Jokowi.

Sementara terkait adanya tafsir lain di luar keakraban keduanya melalui foto, Dasco menyerahkan kepada publik untuk menyimpulkan sendiri.

“Oh itu biar yang lihat yang nyimpulin. Kalau kita tak ada kesimpulan apa-apa,” kata Dasco. (suara)

Editor: suara


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->