Suzuki Jimny Terbaru Resmi Meluncur, Ini Kelebihannya - Kanal Kalimantan
Connect with us

Otomotif

Suzuki Jimny Terbaru Resmi Meluncur, Ini Kelebihannya

Diterbitkan

pada

Suzuki Jimny generasi ke empat memulai debutnya Foto: net

Suzuki menepati janjinya untuk merilis Jimny generasi terbaru pada 5 Juli 2018 lalu. Sebagai awalan, Suzuki mengeluarkan spesifikasi Jimny untuk pasar Eropa menggunakan mesin 1.500 cc dengan kode K15B.

Bagi pecinta Suzuki dan Ertiga tentu tidak asing dengan kode ini. Kode mesin yang sama digunakan pada all new Ertiga. Melirik laman resmi Suzuki global, mesin bensin 4 silinder berkubikasi 1.462 cc-nya itu menjanjikan tenaga hingga 100 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum pada 130 Nm pada 4.000 rpm, beda tipis dengan spesifikasi mesin yang dimiliki Ertiga terbaru dengan kubikasi mesin yang sama dan bertenaga 103 dk pada 6.000 rpm serta torsi 138 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaganya tersebut disalurkan pada transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan (AT). Adapun distribusi tenaganya langsung diteruskan pada penggerak semua roda (AWD).

Bukan sembarang AWD, Suzuki menerapkan sistem AWD parsial yang artinya dapat dinonaktifkan penggerak semua rodanya ditambah low range transfer gear layaknya mobil yang berkemampuan off-road. Ada 3 modus low range transfer gear yang dapat diaktifkan pada tuasnya yang terletak di belakang tuas transmisi, 2WD high gear (2H), 4WD high gear (4H), dan 4WD low gear (4L).

Semua rodanya tersebut tersematkan fitur Brake Limited Slip Differential yang berguna untuk mengatur porsi putaran ban ketika ban kehilangan traksi untuk mencegah terjadinya selip.

Selain itu, Motor1 melansir bila efisiensi bahan bakar mesin terbarunya ini lebih baik dibanding pendahulunya berkat feeling perpindahan gigi yang lebih solid dan halus karena penggunaan mounting tuas transmisi yang mampu meredam getaran.

Berdasarkan rilis, Jimny untuk pasar Eropa, mendapatkan fitur Dual Sensor Brake Support (DSBS). Sistem yang membaca potensi benturan dengan material di depannya melalui peringatan suara maupun gambar yang akan tampil pada layar panel spidometernya. Tak hanya itu, sistem juga akan mengaplikasikan tekanan pengereman yang lebih besar saat pengemudi kurang menginjak pedal rem atau secara otomatis mengerem untuk menghindari tabrakan tergantung situasi.

Fitur lain yang hadir meliputi Lane Departure Warning, dan Weaving Alert Function untuk menjaga pengemudi berkendara tetap pada lajurnya, juga High Beam Assist yang berfungsi saat malam hari ketika visibilitas ke depan kurang pencahayaan.

Tak hanya itu, Jimny berspesifikasi pasar Eropa mendapatkan traffic sign monitor, fitur yang membaca rambu lalu lintas yang ada di jalan dan kemudian direpresentasikan pada panel spidometer Jimny untuk mengingatkan pengemudi. Terakhir, model ini tersedia 8 pilihan warna termasuk Kinetic Yellow dan Jungle Green yang menjadi hero color Suzuki Jimny teranyar ini. (cel/net)

Reporter:Cel/net
Editor: Cell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan