Stok Gula Dipastikan Aman Hingga Akhir Tahun - Kanal Kalimantan
Connect with us

Bisnis

Stok Gula Dipastikan Aman Hingga Akhir Tahun

Diterbitkan

pada

Seorang pekerja saat membungkus gula pasir di gudang gula di Banjarmasin Foto Arief Rahman

BANJARMASIN, Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalsel H Aftahuddin memastikan stok gula di Kalsel cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai akhir tahun mendatang.

“Stok gula kita cukup, bahkan untuk memenuhi permintaan di Natal dan Tahun Baru tidak masalah. Ada sekitar 3.500 ton gula di gudang kita dan stok ini terus akan ditambah oleh pabrik gula dari berbagai daerah,” jelasnya, Rabu (7/11/2018).

Untuk harga diakui H Aftah -sapaan akrabnya-, saat ini masih terbilang kompetitif, yakni sekitar Rp 9.800/Kg. Harga tersebut terbilang kompetitif karena masih dijual dibawah Rp 10.000/Kg.

“Kita cukup bersyukur tahun ini baik stok dan harga gula di pasaran sangat stabil. Karena kalau dibandingkan dengan beberapa tahun silam, harga gula dijual di atas Rp 10.000 perkilogramnya,” ungkapnya.

Biasanya ungkap H Aftah, jelang Natal dan Tahun Baru ada kenaikan permintaan gula oleh masyarakat Kalsel hingga mencapai 5 persen dibanding hari biasa. Peningkatan sendiri memang tidak sebesar saat momen Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kalau Ramadhan dan Idul Fitri naiknya bisa mencapai angka 25-30 persen dibanding hari biasa. Kalau Natal dan Tahun baru paling kenaikannya hanya mencapai 5 persen,” katanya.

Sebelumnya, pebisnis kue olahan di Banjarmasin, Noorhilalyah mengatakan, stabilnya harga gula di pasaran sangat membantu pihaknya menghemat biaya produksi pembuatan kue donat produksinya.

Meski harga gula stabil, ia mengaku tetap kesulitan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang kompetitif, karena harga bahan lain pembuat kue masih cukup tinggi.

“Salah satunya bahan tepung terigu, harga naik 5-10 persen karena menguatnya dolar. Ini tentunya membuat kita cukup kesulitan karena biaya produksi yang membengkak,” pungkasnya. (arief)

Reporter : Arief
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan