Connect with us

Kota Banjarbaru

Seleksi Wawancara Panwascam Empat Kecamatan di Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Salah satu peserta calon Panwascam masuk ruangan sebelum memulai tahapan wawancara di kantor Bawaslu Banjarbaru, Senin (20/5/2024). Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 14 orang calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan tes wawancara di kantor Bawaslu Kota Banjarbaru, Senin (20/5/2024) siang.

Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Nor Ikhsan mengatakan, belasan orang ini merupakan peserta seleksi yang lolos ujian CAT tertulis dan essai untuk perekrutan Panwascam pada empat kecamatan.

“Hari ini ada 14 orang, karena kami memiliki tujuh kali kebutuhan dan dikali dua kebutuhan yang kita wawancara pada hari ini,” ujar Nor Ikhsan.

Maksud tujuh kali kebutuhan dijelaskan Noor Ikhsan ialah jumlah peserta yang lolos dari perekrutan dengan sistem pendaftaran baru yakni di Kecamatan Cempaka, Banjabaru Selatan, Banjarbaru Utara, dan Landasan Ulin.

Baca juga: Bangunan Liar di Atas Sungai Dibongkar Satpol PP Banjarmasin

Kecuali Kecamatan Liang Anggang, yang anggota Panwascam menggunakan sistem perekrutan eksisting atau mengevaluasi Panwascam pada Pemilu 2024 lalu yang memenuhi syarat untuk Pilkada 2024.

“Di Kecamatan Cempaka ada dua orang yang tidak memenuhi syarat eksisting, sehingga kita membuka dua pendaftar baru untuk dua kali kebutuhan, artinya ada empat Panwascam untuk Cempaka,” jelasnya.

Kemudian di Kecamatan Banjarbaru Selatan, Ikhsan menyebut, ada satu orang pendaftar baru maka dikali dua kebutuhan jumlah yang dicari ada dua orang Panwascam.

“Di Banjarbaru Selatan juga sama ada satu pendaftar baru dikali dua kebutuhan maka dua orang, dan Landasan Ulin ada tiga pendaftar baru dikali dua kebutuhan maka kita cari 6 orang, maka total keseluruhan 14,” sebut dia.

Baca juga: Satgas TMMD-Warga Desa Sungai Karias Keroyokan Hingga Malam

Pada sesi wawancara ini, masing-masing peserta dipersilahkan masuk untuk menghadapi sejumlah pertanyaan dari tiga Komisioner Bawaslu Kota Banjarbaru.

Ikhsan menyebutkan, para peserta diminta memaparkan visi dan misi menjadi Panwascam, serta beberapa hal yang berkaitan dengan kepemiluan terutama dalam hal pengawasan.

“Beberapa dari mereka ada yang berpengalaman, maka kita tanyakan terkait pengalaman dia di pengawasan Pemilu sebelumnya, misal ada yang dari pengawas kelurahan desa atau atau pengawas TPS,” ungkapnya.

Setelah tahap wawancara dilakukan selama satu hari penuh, Ikhsan mengatakan, Bawaslu akan akan menggelar rapat pleno pada 21 Mei 2024.

Baca juga: Rekomendasi Partai Tak Pasti, Jaya-Abdi Siap Jadi Penantang Petahana Aditya-Yuti

Selanjutnya pada tanggal 23 Mei 2024, hasil wawancara ini akan diumumkan oleh Bawaslu Banjarbaru, untuk kemudian di tanggal 24 atau 25 Mei  seluruh Panwascam dari lima Kecamatan di Banjarbaru ini akan dilantik. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->