Connect with us

HEADLINE

Samsinah Meninggal Dunia di Pesawat, Calhaj Kloter 1 dari Balangan Dipulangkan ke Kampung Halaman

Diterbitkan

pada

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas keberangkatan CJH Kloter 1 sebanyak 357 orang di Embarkasi Haji Banjarmasin Minggu (12/6/2022) malam. Foto: biroadim

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kabar duka datang dari rombongan calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Balangan yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Haji Banjarmasin.

Salah satu jemaah Kalsel yang meninggal dunia itu atas nama Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun.

Samsinah meninggal dunia pada hari Senin 13 Juni 2022 pukul 00.30 WIB di dalam penerbangan 1 jam sebelum transit di Bandara Kualanamu, Medan.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya calon haji asal Kabupaten Balangan tersebut.



 

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat melepas jemaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Haji Banjarmasin, Minggu (12/6/2022) malam. Foto: biroadpim

Baca juga  : Koper Bawaan CJH HSU Dikirim Lebih Dulu ke Asrama Haji Banjarmasin

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, saya atas nama pribadi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan masyarakat menyampaikan belasungkawa atas wafatnya jemaah haji asal Balangan, atas nama Samsinah, semoga dosanya diampuni dan amal ibadahnya diterima Allah,” ucap Paman Birin Senin (13/6/2022).

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kalsel, HM Thambrin membenarkan jika satu orang jemaah Kloter 1 yang berangkat meninggal dunia di dalam pesawat saat keberangkatan menuju ke Tanah Suci.

Disampaikanya, pesawat akhirnya mendarat dulu di Bandara Kualanamu kemudian jenazah akan diterbangkan ke Banjarmasin oleh Kemenag RI pada Senin 13 Juni 2022 dan akan dijemput ambulans dari Dinkes Kabupaten Balangan untuk dimakamkan di kampung halaman desa Galumbang, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.

Diketahui jumlah jemaah asal Kabupaten Balangan berjumlah 82 orang, dengan adanya satu orang meninggal dunia di dalam pesawat saat keberangkatan, maka jumlah jemaah tersisa 81 orang.

 

Baca juga  : Polres Tanbu Mulai Operasi Patuh Intan 2022, Ini Tujuh Sasaran Penindakan Tilang 

Sebelumnya, Gubernur Kalsel melepas keberangkatan CJH Kloter 1 sebanyak 357 orang di Embarkasi Haji Banjarmasin, di Banjarbaru, Minggu (12/6/2022) malam.

Didampingi Kepala Kanwil Kemenang Kalsel HM Tambrin, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Ketua MUI Kalsel KH Hafiz Ansari, Paman Birin bediri di depan pintu keberangkatan Embarkasi Haji.

Paman Birin menyapa dan menyalami para calon jamaah haji sembari mengucap selamat jalan.

“Selamat jalan, selamat jalan, mudahan mabrur, aamiin,” kata Paman Birin.

 

Baca juga  : Pelajar SD di Selat Utara Diimunisasi Campak dan Rubela

Begitu bus terisi penuh, jemaah pun melambaikan tangan dan dibalas dengan melambaikan tangan.

Gubernur Kalsel mengatakan, dengan berangkatnya calon haji ini maka menjawab kerinduan yang selama ini terpendam.

“Ada kerinduan yang akan terjawab, mulai kecil memimpikan untuk dapat menunaikan rukum Islam kelima yaitu berangkat haji,” ucap Paman Birin.

Paman Birin menitip doa kepada calon jemaah haji untuk keselamatan dan kesejahteraan Banua.

 

Baca juga  : Bupati Tanbu Hadiri Haul ke-54 Habib Mancung Desa Pacakan

Kakanwil Kemenag Kalsel Tambrin mengatakan, jumlah calon jemaah haji yang berangkat 2.487 terdiri dari 1.743 dari Kalsel dan 744 dari Kalteng.

Disampaikanya, Kloter 1 berangkat pukul 23.40 Wita menggunakan Air Bus 330 Garuda Indonesia. Rencanaya akan tiba di Bandara King Abdul Azis Madinah pukul 03.10 waktu Arab Saudi atau Senin pagi. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->