Connect with us

Pendidikan

Rosihan Adhani Ingin Kedokteran Gigi Siap Masuki Revolusi 4.0

Diterbitkan

pada

Pelantikan guru besar Fakultas Kedokteran Gigi oleh Rektor ULM Foto : mario

BANJARMASIN, Prof DR drg Rosihan Adhani S.Sos M.S telah dikukuhan sebagai guru besar Fakultas kedokteran Gigi Banjarmasin di Sidang Terbuka Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang berlangsung di Aula Rektorat 1, Kamis (31/1).

Kepada media, Rosihan yang ditemui usai pelantikan mengatakan ingin mengaplikasikan sistem yang bisa mengikuti perkembangan revolusi 4.0 di bidangnya. Revolusi 4.0 berkaitan dengan kemajuan teknologi. Sehingga digitalisasi dalam porses belajar mengajar pun sangat mempengaruhi. “Oleh karena itu pendidikan tinggi harus merespon atau jika tidak maka akan tertinggal,” jelasnya.

Hal ini juga dikarenakan di era kiwari ini, baik mahasiswa maupun pemangku kepentingan, semua sudah terpapar dengan teknologi. Apalagi untuk ULM, pendaftaran, bayar SPP, dan nilai, semuanya sudah menggunakan akses teknologi dan internet.

Bahkan kini mereka mulai melakukan sistem ujian paperless yang berarti sistem ujian sudah mengggunakan komputer dan tidak adanya lagi kertas ujian. Apalagi ke depan akan makin banyak pelajaran dengan sistem internet sehingga proses belajar tatap muka akan semakin berkurang.

“Kita siapkan materi, mereka tinggal buka dan akses” jelas Rosihan.

Ia juga ingin menyiapkan para tenaga pengajar ikut berubah mengikut perkembangan zaman. Jangan sampai tenaga pengajar terlihat lebih terbelakang daripada para mahasiswa.

Layanan kedokteran gigi pun kini mulai mengikuti perkembangan zaman. Baik dari segi material yang menggunakan teknologi nano hingga bahan tumpatan yang berkembang dengan teknologi. Sehingga kekuatan dan bentuk dapat menyerupai bentuk asilnya.

Tidak ketinggalan selfie generation. Karena menurutnya, tren masyarakat saat ini tidak hanya sekadar untuk datang berobat dan menambal gigi. Namun juga perawatan kecantikan, implant, nutri shaving dan masih banyak lagi. Hal-hal itulah yang menurutnya harus dipertimbangkan dalam kurikulum teradapatasi.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share