Connect with us

Kota Banjarbaru

Razia Lapas Banjarbaru, Temukan 8 Unit HP hingga Sajam di Blok Hunian Napi

Diterbitkan

pada

Sejumlah barang terlarang ditemukan di lapas Banjarbaru usai sidak, Kamis (3/9/2020) Foto: rico

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Satuan operasi kepatuhan internal (Sat ops Patnal) di Lapas Kelas IIB Banjarbaru mengelar razia rutin terhadap seluruh isi blok hunian para narapidana, pada Kamis (3/9/2020) siang. Hasilnya, berbagai macam barang ilegal ditemukan oleh petugas.

Kegiatan yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang, dengan mengerahkan sebanyak 20 petugas. Razia ini dilakukan menyusul adanya laporan penyelundupan barang-barang ilegal di kamar para napi.

“Hasilnya kita mendapati beberapa barang ilegal seperti 8 unit handphone, 5 senjata tajam (sajam) modifikasi pinggang, charger, kipas angin maupun kabel,” kata Amico. Selanjutnya, pihak Lapas Banjarbaru segera melakukan pendataan terhadap kepemilikan barang-barang ilegal tersebut. Dalam hal ini, para napi yang kedepatan menyimpan barang ilegal tersebut akan dijatuhkan sanksi, baik itu sifat ringan ataupun berat.

“Contohnya, seperti kepemilikan handphone ini termasuk sanksi yang berat. Bisa dimasukan dalam sel isoalasi selama waktu tertentu antara 7-14 hari. Atau bisa juga pencabutan hak, berupa remisi dan hak integrasinya,” terang Amico.



Rencananya usai dilakukan pendataan, seluruh barang ilegal yang berhasil disita ini akan dimusnahkan. Razia ini akan dilakukan secara rutin dan identil di blok hunian napi lainnya.

Lantas, apa indikasi masuknya barang-barang ilegal tersebut? Dalam hal ini, Kepala Lapas Banjarbaru menyakini bahwa indikasi utamanya adalah lewat titipan di luar lapas. Mengingat, sampai saat ini Lapas Banjarbaru masih menerapkan pemeriksaan secara manual

“Terhadap temuan ini kedepannya, kami seluruh jajaran Lapas Banjarbaru akan lebih meningkatkan lagi pemeriksaan barang-barang yang masuk. Baik itu titipan maupun akses keluar masuknya petugas,” pungas Amico. (Kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->