Connect with us

Kabupaten Banjar

Polres Banjar Siap Turun Bantu Penanggulangan Bencana

Diterbitkan

pada

Wakapolres Banjar Kompol Joseph Edward Purba Foto : rendy

MARTAPURA, Tak hanya bertugas sebagai penegak hukum penjaga Kamtibmas saja, Polres Banjar siap sedia menghadapi bencana banjir, angina puting beliung dan tanah longsor, apabila terjadi di wilayah Kabupaten Banjar.

Begitu dikatakan Wakapolres Banjar Kompol Joseph Edward Purba, saat menghadiri Rakor bersama BPBD Banjar di Aula Barakat, Rabu (28/11).

Menurut Wakapolres Banjar untuk daerah rawan banjir di wilayah Kabupten Banjar sendiri sering kali terjadi berada di 6 titik kecamatan meliputi dari 89 desa.

“Ada enam titik daerah rawan banjir di Kabupaten Banjar, diantaranya di Kecamatan Sungai Tabuk, Karang Intan, Astambul, Martapura Barat, Martapura Timur dan Kecamatan Martapura Kota,” katanya.

Sementara adapun faktor penyebab banjir antara lain drainase atau saluran air yang tidak lancar bahkan ada yang buntu di permukiman penduduk. Sehingga air meluap keluar dan menggenangi rumah dan jalan, kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Maraknya penebangan hutan yang berdampak terjadinya banjir akibat tidak adanya resapan air, hingga curah hujan yang tinggi dan tidak teratur.

Lebih jauh Joseph menjelaskan, adapun tugas pokok Polres Banjar beserta jajarannya dan instansi terkait melaksanakan pengamanan dan evakuasi terhadap orang, benda, lokasi/tempat bencana banjir serta mengantisipasi situasi banjir yang terjadi di wilayah hukum Polres Banjar

“Langkah-langkah yang kita lakukan, diantaranya mendatangi TKP, mendata jumlah KK dan rumah yang terendam banjir, melakukan koordinasi dengan Basarnas dan BPBD Banjar maupun intansi terkait, hingga melaksanakan patroli  untuk memonitor perkembangan situasi apabila sewaktu-waktu diperlukan langkah langkah lebih lanjut,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!