Connect with us

HEADLINE

Petugas Jalan Kaki 4-6 Jam, Layanan Home Care Balangan Jangkau Dusun Terpencil

Diterbitkan

pada

Petugas Puskesmas Uren memberikan pelayanan kesehatan gratis hingga ke pelosok dusun terpencil di Kabupaten Balangan. Foto: puskesmasuren

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Menempuh perjalanan sangat jauh, UPT Puskesmas Uren Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, memberikan pelayanan kesehatan gratis hingga ke pelosok terpencil.

Melalui program pelayanan kesehatan gratis langsung ke rumah-rumah warga yang berada di daerah pelosok.

Staf UPT Puskesmas Uren, sekaligus Koordinator Lapangan Program Home Care Balangan, Ridwan Syahrani menyebut banyak tantangan yang harus dilalui saat memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah pelosok.

“Beratnya medan yang ditempuh, kadang kepanasan dan kehujanan, bahkan harus jalan kaki 4 sampai 6 jam,” ujarnya.



 

 

Baca juga: Pengunduran Diri Ditolak Gubernur Kalsel, Kadispersip Mendadak Irit Bicara

Karena lanjutnya, ada 6 desa di Kecamatan Halong yang sangat terpencil dan 9 anak desa atau dusun yang berbeda berada di wilayah kaki pegunungan Meratus.

“Kami sering memberikan pelayanan kesehatan di daerah terpencil pada malam hari, karena kalau siang hari kebanyakan masyarakat berada di kebun,” sebutnya.

Mereka harus lalui jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, alat transportasi yang bisa dipergunakan hanya sepeda motor roda dua untuk menjangkau ke daerah terpencil.

Tercatat sudah ada 34 pasien yang ditangani Puskesmas Uren dalam program home care dan kebanyakan pasien dari lansia.

Sementara itu, Sub Koordinator Bidang Pelayanan Kesehatan dari Dinkes Balangan, M Deddy Narlianto menyampaikan, guna meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat salah satunya melalui layanan home care.

Baca juga: Niat Lepas Karet di Piston Kendaraan, Jari Alfredo Malah Nyangkut

“Program home care ini merupakan pelayanan kesehatan langsung jemput yang diberikan kepada masyarakat secara berkesinambungan dan pengobatan insentif,” ujarnya.

Upaya meningkatkan pemulihan kesehatan atau memaksimalkan kemandirian dan mengurangi dampak penyakit warga Kabupaten Balangan. (Kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : alfi
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->