Connect with us

Kalimantan Selatan

“Pesta Siswa Literasi Digital” di Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Antusisme ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se Kota Banjarmasin hadiri “Pesta Siswa Literasi Digital” yang dibalut dengan talk show, Selasa (21/5/2024). Foto: rizki

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat dan cepat telah membuat perubahan di berbagai aspek, salah satunya dunia pendidikan.

Melalui pendidikan dan keterampilan digital, generasi muda harus siap menghadapi tantangan masa depan dengan memanfaatkan teknologi untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif.

Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) RI mengamini harapan itu melalui program-program literasi digital.

Program Literasi Digital sudah menyentuh masyarakat dan para pelajar di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Antusisme ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se Kota Banjarmasin hadiri “Pesta Siswa Literasi Digital” yang dibalut dengan talk show, Selasa (21/5/2024).

Talk show literasi digital berlangsung di gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin menghadirkan sejumlah narasumber dari akademisi, pemerintahan, dan pegiat dunia digital.

Baca juga: Kontestasi Pilwali Banjarbaru, Golkar Partai Pertama Incaran Lisa Halaby

Diantaranya, dosen UIN Antasari Banjarmasin sekaligus Anggota ARTIKA RTIK, Muhammad Ridha MPd, Pranata Komputer Ahli Pratama Dinas Kominfotik Banjarmasin, Rizki Yuwanda SKom, Pamong Budaya, Rayi Pirukya Amadyuti SSn.

Juga ada CEO PT Borneo Mediatama Digital sekaligus Humas RTIK Kalimantan Timur, Dedi Priansyah MKom CDM, konten kretor dan pegiat sosial, Kysahh, dan dari Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Ninik Widayati SKom MT.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun.

Dalam sambutannya, Pemprov Kalsel, kata Madun -sapaan akrab Muhammadun- mengapresiasi kegiatan talk show dengan mengangkat tema “Pendidkan untuk Generasi Emas di Era Digital”.

Baca juga: Perda Tentang Perusda, DPRD Batara Kunker ke Kabupaten Banjar

Melalui kegiatan itu kata Madun peserta didik dapat secara langsung menggali pengetahuan dan mengembangkan wawasan terkait pemanfaatan teknologi digital yang kretif dan produktif.

Madun mengatakan, jika zaman semakin canggih dan teknologi berkembang sangat pesat dan cepat. Untuk itu dia mengingatkan para pelajar bijak dalam menggunakan teknologi informasi khususnya penggunaan media sosial (medsos).

“Belajar yang baik, gunakan media sosial dengan baik,” pesan Madun kepada ribuan pelajar Banjarmasin yang hadir.

Pada kesempatan itu, Kadisdikbud Kalsel juga mengingatkan agar para pelajar selaku penerus generasi kepemimpinan selalu berpikir positif.

Baca juga: Seleksi Wawancara Panwascam Empat Kecamatan di Banjarbaru

“Cobalah hari ini kita berpikiran positif thinking, Insyaallah pian-pian akan menjadi pemimpin kelak, 25 tahun yang akan datang memimpin Kalsel, Indonesia, bahkan dunia,” harap Madun.

Salah seorang tenaga pendidik SMAN 11 Banjarmasin, Abdul Qadir yang hadir mendampingi siswa-siswi mengaku senang berkesempatan hadir pada kegiatan literasi digital di gedung Sultan Suriansyah.

Dirinya berharap, dari kegiatan itu siswa-siswi semakin meningkat pengetahuan digital dan literasi.

Baca juga: 21 Mei: Sejarah Hari Peringatan Reformasi nasional

“Di Banjarmasin sangat minim baca buku, dari zaman dulu kita tradisi ngomong, mereka (siswa) harus bisa belajar membaca, karena membaca sangat penting,” kata Abdul Qadir.

Kegiatan talk show literasi digital di Gedung Sultan Suriansyah itu menyajikan acara hiburan. Ribuan pelajar yang hadir oleh penampilan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu terkenal, Feby Putri. Juga ada penyanyi Anisa Cahayani dan penampilan tari Sanggar Seni Nuansa. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter: rizki
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->