Connect with us

Kab. HSU

Peringati Hari Ikan Nasional, Dinas Perikanan Ajak Masyarakat HSU Gemar Ikan

Diterbitkan

pada

Berbagai kegiatan yang dilakukan memperingati Hari Ikan Nasional di Kabupaten HSU Foto: dew

AMUNTAI, Guna mewujudkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Dinas Perikanan Pemkab HSU mengajak masyarakat makan ikan. Hal tersebut tertuang saat peringatan Hari Ikan Nasionalyang digelar di halaman kantor Dinas Perikanan HSU, Senin (31/12). Acara dihadiri oleh warga kelompok nelayan serta masyarakat.

Kegiatan Gemarikan diisi berbagai kegiatan seperti sosialisasi Gemarikan, makan bakso ikan bersama, penyerahan hadiah lomba kinerja kelompok, penyerahan asuransi nelayan, serta pengarahan demonstrasi cara pengolahan produk perikanan.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati HSU, TP PKK HSU, Dharma Wanita HSU, para pejabat SKPD yang bergabung dalam forum peningkatan makan ikan Kabupaten HSU, unsur Forkopimda, pimpinan asuransi PT Jasindo Tabalong, Pemerhati Perikanan HSU, Camat, Kepala Desa, serta kelompok perikanan HSU.

Plt. Dinas Perikanan Ismarlita dalam sambutannya mengatakan, maksud digelarnya Hari Ikan Nasional adalah mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional. Mengingat ikan memiliki peran yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Termasuk dalam bidang ekonomi serta pangan untuk masyarakat.

“Hari Ikan Nasional di Kabupaten HSU merupakan puncak dari rangkaian kegiatan oleh tim forum peningkatan konsumsi ikan yang kegiatannya meliputi pembudayaan makan ikan di Kabupaten HSU, gerakan memasyarakatkan makan ikan pada anak sekolah dan kampung KB kesehatan,” katanya.

Selain itu, telah dilakukan juga sosialisasi tentang ikan dan manfaat konsumsi ikan dan kerjasama dengan dinas kominfo Kabupaten HSU untuk ditayangkan di TV Kabupaten HSU, mengikuti pameran pada hari jadi Kabupaten HSU dengan mempromosikan olahan ikan, mengikuti lomba pengolahan ikan bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten HSU.

Sementara Bupati HSU H Abdul Wahid HK mengatakan Hari Ikan Nasional (HAKANNAS) ditetapkan didasari dari keputusan presiden RI No. 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Naaional dan bertepatan dengan peringatan World Fiheries Day atay Hari Perikanan Dunia.

Tema HAKANNAS kali ini yakni “Dengan Protein Ikan, Kita Membangun Bangsa”. Tema tersebut ditetapkan tentunya dengan pertimbangan bahwa ikan memiliki peran yang penting dan juga strategis serta sangat relevan. Terutama untuk mendukung program pemerintah dalam hal pembangunan nasional.

“Melalui perbaikan gizi masyarakat mengingat ikan sebagai bahan pangan dan sumber protein memiliki keunggulan antara lain: kandungan omega 3 tinggi, sangat baik untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh.” terang Bupati Wahid.

Ia menambahkan, bahwa keragaman ikan yang tinggi dari jenis, bentuk, warna, rasa dan ukuran sehingga dapat juga diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam produk olahan, keragaman harga yang dapat memenuhi semua segmen kelas ekonomi.

“Kita harus melaksanakan kegiatan kampanye peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan, khususnya di Kabupaten HSU untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreatifitas dalam mengolah ikan untum keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pemdapatan keluarga, serta mendekatkan ikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan hadiah oleh Bupati HSU kepada kelompok perikanan dan petugas berprestasi tingkat nasional, pemenang lomba kinerja kelompok tingkat provinsi dan kabupaten, kelompok masyarakat pengawas yang berhasil mengamankan ilegal fishing.

Selain itu, kegiatan juga disertai penyerahan hibah bantuan saranan prasarana perikanan dari dana APBD berupa sarana perikanan lengkap, Perikana budidaya dan pengawasan, dari dana APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan RI berupa sarana pengolahan. Penyerahan asuransi hasil kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan pihak asuransi (PT. Jasindo). Penyerahan sertifikat hak atas nelayan dan pembudidaya hasil kerjasama dengan Badan Pertahanan Kabupaten HSU.(dew)

Bagikan berita ini!