Penumpang KM Satya Kencana IX Tiba di Pelabuhan Trisakti - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Penumpang KM Satya Kencana IX Tiba di Pelabuhan Trisakti

Diterbitkan

pada

Kapal Satya Kencana IX terbakar di laut jawa Foto: kanalkalimantan

BANJARMASIN, Sebanyak 141 penumpang KM Satya Kencana IX yang terbakar di sekitar 54 mil Barat Daya, perairan Tanjung Selatan, datang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menggunakan KM Niki Sae, pada Sabtu (4/8) pukul 19.00 Wita. Nampak ratusan petugas dan relawan dari Basarnas, TNI, Polri, PMI, Tagana, dan emergency Banjarmasin, memberikan pertolongan.

Para korban yang terluka langsung dilarikan ke empat rumah sakit di Banjarmasin. Mereka diangkut menggunakan mobil ambulan para relawan yang sudah standby sejak siang tadi. Satu orang korban yang meninggal dunia. Seorang laki-laki berumur 50 tahun yang sementara diduga merupakan salah satu sopir ekspedisi pengangkut barang. Jumlah korban selamat yang diangkut oleh KM Niki SAE yaitu 140 orang.

Proses evakuasi penumpang masih dilakukan KM Niki Sae paska terbakarnya KM Satya Kencana XI diperairan Tanjung Selatan Kalimantan Selatan di sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, melibatkan KSOP Banjarmasin, SROP Banjarmasin, Lanal Banjarmasin dan Kantor SAR Banjarmasin turut membantu proses evakuasi tidak terkecuali RSUD Ulin Banjarmasin.

Tim bantuan dari relawan dan emergency gabungan Kota Banjarmasin telah memeriksa kondisi kesahatan penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Nantinya para korban tersebut akan dilarikan ke RSUD Ulin Banjarmasin untuk mendapat perawatan medis. Berbagai persiapan telah dilakukan pihak Rumah Sakit untuk menunjang kelancaran proses evakuasi.

Sebelumnya Kabag Humas RSUD Ulin Banjarmasin, Iyan Setiawan mengatakan untuk persiapan datangnya ratusan korban kebakaran KM Satya Kencana IX sudah dilakukan pengosongan alur jalan masuk RSUD Ulin untuk mudah menuju ruang IGD nanti. “Halaman RSUD Ulin sudah dirapikan agar ketika para korban berdatangan meminimalisir kepadatan kondisi saat tiba,”ucapnya.

Dirinya juga menambahkan telah melakukan koordinasi dari Dinas Provinsi Kalimantan Selatan untuk penanganan media secara cepat dan pengarahan korban RM Satya Kencana IX. “Sudah saya telpon, Dinkes Kalsel akan segera siap dalam penanganan nanti membantu RSUD Ulin dan akan diarahkan juga di beberapa rumah sakit di kota Banjarmasin” tuturnya.

Sebelumnya kapal KM. Satya Kencana IX yang bertolak dari Surabaya menuju Banjarmasin yang mengangkut sebanyak 250 orang penumpang diantaranya 198 penumpang dan 32 ABK mengalami kebakaran sekitar pukul 11.00 Wita. Berbagai upaya untuk menyelamatkan diri dilakukan para penumpang bahkan sebagian ada yang menceburkan diri ke laut hingga terombang-ambing di lautan sembari menunggu pertolongan. Adanya dugaan terbakarnya kapal dari PT DLU tersebut dikarenakan meledaknya mesin yang berada di bawah dekat lambung kapal.

Hingga berita ini mencuat tercatat 1 penumpang meninggal dunia berjenis kelamin pria, namun masih belum diketahui identitasnya. Dari keterangan Kepala Pencarian dan Pertolongan Kota Banjarmasin Mujiono para penumpang masih dalam keadaan shock termasuk para kru kapal. (ammar)

Reporter:Ammar
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan