Connect with us

Dispersip Kalsel

Penguatan Hulu Literasi, Plt Kadispersip Tanbu: Dispersip Kalsel Banyak Berikan Dukungan

Diterbitkan

pada

Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie saat berkunjung ke Dispersip Tanbu. Foto: dispersipkalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (Dispersip) Kalimatan Selatan terus berupaya menjalin sinergi dengan para pemangku kepentingan menguatkan sisi hulu literasi.

Penguatan sisi hulu literasi harus dilakukan agar sisi hilir literasi yakni budaya baca dan indeks literasi mengalami peningkatan.

Dengan keterlibatan stakeholder diharapkan memberikan peranan penting setiap perkembangan keperpustakaan.

Sesuai Pasal 5 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, masyarakat mendapatkan hak yang sama untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan. Baik di daerah terpencil, terisolasi, maupun terbelakang dari beragam latar belakang sosial dan ekonomi.



 

 

Baca juga: Hanya 742 Laboratorium PCR Diakui Pemerintah, 14 Faskes Ada di Kalsel

“Penguatan di sisi hulu harus dilakukan, agar sisi hilir budaya literasi yakni indeks literasi dan peningkatan kegemaran membaca serta akses dan kualitas layanan bisa terwujud,” ujar Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani Dardie.

Promosi literasi Dispersip Kalsel ke Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dengan mengunjungi Dispesrip Tanbu, upaya meningkatkan indeks pembangunan literasi dan gemar membaca.

Salah satu upaya tersebut dengan menemui Plt Kadispersip Tanah Bumbu (Tanbu) Muhammad Yusri SSos MSi.


Kedatangan Kadispersip Kalsel disambut hangat Plt Kadispersip Tanbu Muhammad Yusri SSos MSi.

Baca juga: Plasma Konvalesen Diburu Pasien Covid-19, PMI Banjarmasin Kesulitan Cari Pendonor

“Saatnya sekarang untuk merapatkan barisan dan bergandeng tangan meningkatkan minat baca masyarakat di seluruh Kalsel termasuk di Kabupaten Tanbu,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kadispersip Tanbu, Muhammad Yusri mengaku sangat senang dengan kunjungan Kadispersip Kalsel beserta jajaran.

Kontribusi terhadap peningkatan minat baca di Kabupaten Tanah Bumbu melalui program kerja, bantuan sarpras dari Dispersip Kalsel dalam rangka peningkatan minat baca, sudah banyak diberi dukungan.

“Support terhadap peningkatan minat baca di Kabupaten Tanah Bumbu, melalui program layanan mobil perpustakaan keliling, turun ke sekolah-sekolah dan desa-desa terpencil di Tanbu,” kata Plt Kadispersip Tanbu.

Pemkab Tanah Bumbu tentunya mencatat dan tidak melupakan rekomendasi khusus yang diberikan kepada Perpusnas RI agar Kabupaten Tanbu mendapatkan DAK tahun 2019. “Pembangunan gedung fasilitas umum perpustakaan daerah di Tanbu sebesar Rp 10,5 miliar,” sebut Plt Kadispersip Tanbu. (kanalkalimantan.com/rls)

Reporter: rls
Editor: kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->