Connect with us

HEADLINE

Pencarian 24 Jam Lebih, Akhirnya Pemuda Tenggelam di Sungai Barito Ditemukan

Diterbitkan

pada

Sekretaris BPBD Alosius Sado. Foto : digdo
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK – Pencarian seorang pemuda korban tenggelam di Sungai Barito, Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, akhirnya membuahkan hasil. Pencarian dilakukan lebih dari 24 jam oleh berbagai pihak, akhirnya Irvan (21) ditemukan sudah meninggal dunia, tidak jauh dari lokasi dirinya tenggelam pertama.

BPBD Barsel melalui Sekretaris BPBD Barsel Alosius Sado mengatakan, terkait upaya pencarian pemuda yang tenggelam pada Jumat (30/7/2021) pagi itu, akhirnya ditemukan tidak jauh dari posisi korban tenggelam, sekitar pukul 16.00 WIB Sabtu (31/7/2021).

“Dengan dibantu berbagai pihak, akhirnya kita telah menemukan korban tenggelam walau sudah tidak bernyawa lagi,” kata Alosius kepada Kanalkalimantan.com, di posko pencarian Sabtu (31/7/2021) petang.

Baca juga: Google Doodle Hari ini Tampilkan Sariamin Ismail, Novelis Perempuan Pertama Indonesia



 

 

Ia mengungkapkan kronologis penemuan korban, pada pukul 16:00 WIB, pihaknya terus melakukan penyisiran dibantu warga. Jasad korban dengan posisi kepala ke atas terlihat mengapung dekat sekitar dermaga pasar lama.

“Dengan dibantu keluarga korban, akhirnya kita langsung mengangkat jenazah korban untuk langsung di bawa ke rumah duka,” beber Alosius.

Ditambahkan olehnya untuk titik lokasi penemuan korban ini, dari titik awal tenggelam hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari penemuan korban. “Jadi untuk penemuan jasad korban ini tidak jauh dari posisi korban tenggelam,” ujar Alosius.

Baca juga: Perluas Jangkauan, Dispersip Kalsel Dukung Unit Pelayanan Perpustakaan Mentewe

Sementara itu perwakilan keluarga korban Ardhani mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang selama lebih dari satu hari ikut membantu dalam upaya pencarian korban ini.

“Adapun untuk korban sore ini juga akan segera kita lakukan pemakamannya,” pungkas Ardhani.

Korban Disebut Sering Alami Kejadian Mistis

Sebelumnya dikabarkan, warga jalan Agung Buntok, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Jumat (30/7/2021) pagi dibuat heboh, lantaran seorang pemuda bernama Irvan Anwari Noviantara (21) tenggelam di Sungai Barito.

Kejadian tenggelamnya pemuda warga Jalan Karau ini diduga karena korban berada dalam pengaruh mistis. Jumat pagi sekitar pukul 07.00 WIB, ketika yang bersangkutan bangun pagi mulai bertingkah aneh.

Menurut kesaksian teman dekat korban yang kebetulan menginap di rumahnya, setelah bangun tidur korban meminta dibuatkan makanan, namun setelah disediakan makanan, korban berkata bahwa itu bukan makanan yang dia maksud.

Kemudian korban meminta dupa kepada ibunya, namun dupa tersebut tidak tersedia di rumahnya.

“Setelah dia meminta dupa, tapi dupanya tidak ada dia lalu marah dan melempar tempat dupa kemudian langsung berlari ke arah Sungai Barito. Kami sempat mengikuti dan dia langsung melompat dan berenang dengan cepat ke tengah sungai,” jelas Dhiky yang merupakan teman korban kepada Kanalkalimantan.com.

Lebih lanjut dijelaskan Dhiky pada saat melompat dan berenang sampai di tengah sungai, korban sempat berusaha untuk berenang kembali namun korban sepertinya sudah tidak sanggup lagi dan kemudian berteriak minta tolong.

“Pada saat akan ditolong oleh 2 orang temannya, sayangnya yang bersangkutan sudah tenggelam dan menghilang,” beber Dhiky.

Sementara itu, ibu korban menuturkan bahwa Irvan memang sering mengalami kejadian mistis seperti dirasuki makhluk halus.

“Iye te rancak beh model kilau inyarung uluh si danum te, suah inya model kasarungan kaitu nah. kami ni lapar, kami siksa tu pang,” tutur ibu korban dengan bahasa daerah.

Bahkan ibu korban sampai mendatangi orang pintar untuk menanyakan hal tersebut. Menurut ibu korban, pihak keluarga mengaku tidak tahu menahu jika ada warisan leluhur atau tetua dari keluarga yang pernah memiliki ritual mistis tertentu yang harus dijaga secara turun temurun.(kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter: digdo
Editor : bie


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->