Connect with us

Kanal

Pemuda Lokal Dituntut Kreatif Plus Skil Mumpuni

Diterbitkan

pada

Anggota DPRD Barsel Hermanes SE Foto : digdo

BUNTOK, Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel) Hermanes SE mengatakan zaman modern saat ini anak muda di daerah dituntut lebih kreatif dan memiliki skil profesional sebagai bekal pekerjaan.

“Peningkatan jumlah pengganguran sampai saat ini belum dapat teratasi dengan baik. Mengingat terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia bagi pencari kerja dan rendahnya kompetensi tenaga kerja yang dipersyaratkan oleh penyedia lapangan tersebut,” kata Anggota DPRD Barsel Hermanes SE kepada Kanalkalimantan.com, Minggu (1/9).

Menurutnya, dengan kreatifitas tinggi dan keterampilan profesional peluang untuk membuka usaha atau menjadi seorang wiraswasta di daerah terbuka lebar.

Perekonomian di Buntok sekarang sudah lebih maju dibandingkan sebelumnya, pertokoan mulai marak dibangun dan inventasi bidang jasa sendiri banyak berdiri. Sebagai warga lokal apabila ingin bersaing, tentu harus memiliki kemampuan dan keterampilan mumpuni.



“Tidak sedikit orang dari luar Buntok mencoba peruntungan nasibnya mencari pekerjaan di sini, kalau penduduk lokal tidak bisa bersaing tentu nantinya akan tersingkir,” ucap Hermanes.

Ia mengatakan, Pemkab Barsel juga sering mengadakan kegiatan pelatihan, kursus keterampilan untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal. Apabila memungkinkan peluang berwiraswasta juga cukup besar untuk dikembangkan di daerah.

Pemuda adalah agen inovasi yang harus terus bergerak mencari pengetahuan dan keterampilan, dan tidak boleh pasrah dengan keadaan. Pemuda juga agen motivasi, yang harus terus menggali potensi yang dimilikinya.

“Oleh sebab itu, kami ingatkan para pemuda atau generasi muda di Barsel jangan membuang-buang waktu dan energi untuk hal-hal yang kurang baik,” pinta Hermanes.

“Oleh sebab itu, sudah menjadi tugas dari kami untuk terus memberikan dorongan dan motivasi serta pelatihan kepada para pemuda, sebagai bentuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam membangun perekonomian rakyat,” tegas Hermanes. (digdo)

Reporter : Digdo
Editor : Bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->