Connect with us

Advertorial

Pemkab Banjar Terima Plakat Apresiasi Pajak KPP Pratama Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Aksi Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2017 kepada pejabat di Kabupaten Banjar. Foto : rendy

MARTAPURA, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banjarbaru Muhammad Na’im Amali menyerahkan bukti penerimaan elektronik pada kegiatan aksi panutan penyampaian SPT Tahun Pajak 2017 kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama Wabup H Saidi Mansyur dan Sekda H Nasrunsyah di Aula Barakat, Senin (26/2).

Kegiatan yang digelar disela rapat koordinasi mingguan tersebut, ditandai penyerahan Plakat Apresiasi Pajak dari KPP Pratama Banjarbaru yang Kepala KPP Pratama Muhammad Na’im. Pada kesempatan itu, KPP Pratama juga sempat memberikan piagam penghargaan pada Desa Remo, Kecamatan Paramasan, sebagai Desa Terbaik 2017 yang diterima oleh Camat Parasaman. Termasuk memberikan piagam penghargaan kepada bendahara SKPD yang diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar HG Ruspan Noor.

Aksi Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2017 itu sendiri merupakan  salah satu bentuk keteladanan pinpinan daerah melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan sebelum batas waktu penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi.

“Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan Aksi Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2017. Hal ini merupakan salah satu bentuk keteladanan yang mesti terus dilakukan sebagai contoh,” ungkap Bupati Khalilurrahman.



Dia juga mengatakan, pajak yang dibayarkan rakyat kepada negara merupakan hal yang sangat penting demi kemakmuran bangsa. “Manfaat yang diperoleh dari penggunaan pajak di antaranya pembangunan sarana umum seperti sekolah, rumah sakit, jalan dan jembatan dan untuk pembangunan infrastruktur, biaya pendidikan, biaya kesehatan, gaji pegawai negeri, dan pembangunan fasilitas publik semua dibiayai dari pajak,” jelasnya.

Aksi Panutan kali ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pembayar pajak di wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru. Tahun 2017 tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak di lingkungan KPP Pratama Banjarbaru sebesar 80.07%. Capain tersebut meningkat sebesar 19.63 % dari tahun sebelumnya dimana capaian Tahun 2016 sebesar 60.44 %.

Kepala KPP Prarama Banjarbaru Muhammad Na’im Amali menambahkan, penyampaian SPT tahunan ini dapat di lakukan dengan segera melalui e filling tanpa menunggu batas 31 Maret 2018. Langkah ini merupakan perwujudan kepedulian setiap warga terhadap pembangunan. “Saat ini tingkat kepatuhan warga negara dalam membayar pajak semakin meningkat,” katanya.

Penerimaan pajak di wilayah Banjarbaru, Tanah Laut dan Kabupaten Banjar menyumbang penerimaan pajak sebesar Rp 1.423,9 triliun. Dari total jumlah penerimaan tersebut sebanyak 36 persen disumbang dari Kabupaten Banjar.

“Capaian pendapatan ini sungguh membanggakan. Mudah-mudahan ini bisa membantu dalam pencapaian target penerimaan pajak tahun 2018 ini yang meningkat menjadi Rp 1, 925 triliun, ” harapnya.

Sementara terkait terpilihnya salah satu desa di Kecamatan Paramasan, sebagai desa terbaik, menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Mengingat, Paramasan merupakan kecamatan paling ujung Timur wilayah Kabupaten Banjar.

“Rasa syukur atas terpilihnya Kecamatan Paramasan ini, tidak terlepas dari pembinaan terhadap masyarakat agar peduli akan pajak. Yakni dengan melalui kunjungan ke desa-desa setiap bulannya dan menjelaskan begitu pentingnya pajak,” ujar Syafrudin (rendy/hendera)

Reporter : Rendy, Hendera
Editor : Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->