Connect with us

Kab. HSU

Pemanfaatan Dana Desa dan Kelurahan jadi Prioritas Musrembang RKPD 2020

Diterbitkan

pada

Rapat Musrenbang yang diikuti dua kecamatan di HSU Foto: dew

AMUNTAI, Ratusan aparat desa dari Kecamatan Amuntai Tengah dan Kecamatan Banjang mengikuti gelaran forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten HSU yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Amuntai Tengah, Rabu (6/2). Musrenbang diikuti para kepala desa dan aparat desa dari dua kecamatan. Nampak hadir pula Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc, Ketua DPRD HSU H Sahrujani, pejabat SKPD terkait, Forkompinda, serta forum anak dan para unsur Muspika.

Camat Amuntai Tengah Rahman Heriadi dan Camat Banjang H Rusmadi Juriani yang hadir dalam forum tersebut memberikan laporan dan sasaran terkait RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) di kecamatannya masing-masing.

Dalam laporannya, Camat Amuntai Tengah Rahman mengungkapkan, ada sebanyak 272 usulan RKPD tahun 2020 yang telah diajukan dengan anggaran dana lebih dari Rp 182 milliar. “Dari ratusan usulan tersebut, hampir 50% nya merupakan usulan dari 5 daerah kelurahan. Disamping 24 desa yang berada di kecamatan Amuntai Tengah,” terang Rahman.

Dikatakannya lagi, dari semua hasil pra Musrenbang sebelumnya dari RKPD yang anggarannya dibawah Rp 1 milliar diharapkan dapat dimasukkan kedalam penggangaran dana desa masing-masing. Kecuali jumlah anggaran nya melebihi Rp 1 milliar.

“Pun demikian untuk usulan kelurahan sumber dana anggarannya diharapkan dapat diambil dari dana kelurahannya masing-masing. Sebab tahun 2019 ini kelurahan sudah mendapatkan dana kelurahan yang lumayan besar,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Camat Banjang. Dalam laporannya, Rusmadi mengungkapkan beberapa usulan RKPD 2020 di Kecamatan Banjang dari berbagai sektor. Diantaranya usulan bidang insfratruktur yaitu perbaikan jalan desa-desa yang selama ini sulit dijangkau seperti jalan Desa Danau Terati, Murung Padang, Pulau Damar dan Desa Pawalutan.

“Sedangkan untuk bidang pendidikan kecamatan Banjang mengusulkan didirikannya sebuah sekolah menengah atas umum atau kejuruan karena selama ini hanya ada sekolah tingkat dasar dan menengah saja di kecamatan Banjang,” paparnya.

Selain itu, ia menambahkan dari bidang kesehatan berdasarkan usulan dan keperluan berdasarkan RKPD kecamatan Banjang diantaranya mengajukan penambahan Puskesdes pembantu dan tenaga kesehatan bidan desa.

Sedangkan Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc saat membuka forum berharap semua pihak benar-benar memprioritaskan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Menurutnya, Musrenbang ini disamping sebagai wadah silaturahmi juga dalam rangka, membicarakan, membahas berbagai kebijakan pembangunan yang diharapkan dapat membawa perubahan untuk kabupaten HSU yang sesuai dengan visi HSU Mantap.

“Forum Musrenbang kecamatan ini merupakan forum musyawarah yang sangat penting dalam rangka tersusunnya rencana pembangunan daerah didalam RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) pada tahun 2020 mendatang,” terang Husairi.

Diakuinya, melalui forum ini juga sebagai bagian dari tugas pemerintah daerah dan perangkatnya guna menghasilkan rencana tahunan daerah yang semuanya untuk kemaslahatan masyarakat.

Oleh karena itu diharapkan melalui forum ini juga dapat menghasilkan program-program prioritas pembangunan daerah utama, tidak sekedar keinginan semata.” Lanjutnya.

Husairi menegaskan, agar setiap program yang direncanakan akan berjalan efektif dan efisien yang membawa perubahan yang nyata bagi masyarakat, dalam hal meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kualitas pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan.” (dew)

Bagikan berita ini!