Connect with us

Politik

Pecah Kongsi, Dua Wakil Akan ‘Tantang’ Atasannya di Banjarmasin dan Banjar

Diterbitkan

pada

Hermansyah dan Saidi Mansyur menjadi Wakil yang akan menantang atasanya pada Pilkada nanti Foto: net

BANJARMASIN, Pilkada 2020 nanti akan menjadi pertarungan antara dua pasangan yang sebelumnya rekat di pemerintahan. Dua wakil kepala daerah, yakni Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah dan Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur, akan balik menantang atasannya dalam pertarungan politik berebut kursi Walikota  dan Bupati.

Sekretaris DPD PDIP Kalsel H Supiansyah mengatakan, sudah mengantongi nama Hermansyah untuk digadang sebagai penantang petahana di Pilkada Banjarmasin. Kans ini menjadi sangat memungkinkan, jika melihat suasana yang terbangun di Pemilu 2019, khususnya Pilpres. Dimana ada perbedaan sikap mendasar antara PDIP dengan PKS sebagai partai pengusung Walikota Ibnu Sina.

Hermansyah sendiri, mengaku siap mentaati amanah partai yang memberi kepercayaan terhadap dirinya untuk maju di Pilkada Banjarmasin. Berkaca dari Pilkada 2015 lalu,  dia siap menunaikan amanah partai. “Kali ini saya siap juga apapun perintah partai dan mudah-mudahan juga mendapat ridho dan restu dari rakyat kota Banjarmasin,” tegasnya.

Hermansyah terimakasih banyak atas kepercayaan yang diberikan PDIP Kalsel yang mempercayakan dirinya sebagai kandidat calon Wali Kota Banjarmasin periode 2021-2026. “Terimakasih banyak atas kepecayaan dari partai. Kemudian meskipun begitu, saya tetap saat ini berfokus kepada amanah rakyat dalam mengemban tugas menjadi wakil walikota periode 2016-2021, hingga masa jabatan selesai. Saya akan berfokus kepada amanah rakyat ini terlebih dahulu,” katanya.

Sementara di Kabupaten Banjar, nama Saidi Mansyur juga mulai mencuat sebagai salah satu kandidat penantang incumbent Bupati Khalilurrahman. Pecah kongsi lama antara kedua pemimpin Banjar ini tak dapat dihindari.

Terkait hal ini, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar A Rizanie Anshari mengatakan, partainya mendorong agar Saidi Mansyur maju. Ia menilai, sosok bersangkutan memiliki potensi besar untuk menang dalam Pilkada nanti. “Terkait siapa nantinya yang akan diajak sebagai pasangan, sepenuhnya kami serahkan kepada beliau,” katanya.

Rizanie pede mengusung calon bupati, karena suara Nasdem yang cukup signifikan di Kabupaten Banjar. Hal ini seiring meningkatnya jumlah perolehan kursi di legislatif, dari sebelumnya tiga menjadi tujuh kursi.

Saidi Mansyur sendiri, masih malu-malu menyatakan kesiapannya. Ia masih irit berkomentar, saat ditanya Kanalkalimantan.com, terkait isu pencalonan dirinya yang akan maju jadi Bupati Banjar pada 2020 mendatang. “Pendaftarannya saja masih belum dibuka, saya no coment dulu lah,” singkatnya saat halal bihalal di rumah dinasnya beberapa waktu lalu.

Masih di tempat yang sama dan sempat duduk se meja makan dengan H Saidi Mansyur saat acara halal bihalal berlangsung, Ketua Partai Golkar Kabupaten Banjar H Rusli juga disebut bakal menjadi kandidat petarung di Pilkada Kabupaten Banjar 2020 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Banjar tersebut mengatakan masih belum ada urusan untuk melangkah menjadi calon Bupati Banjar. Mengingat masah fokus dengan urusan yang ada yaitu terpilihnya dirinya sebagai anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->