Connect with us

Ragam

PD DMI HSU 2019-2024 Dikukuhkan, Plt Bupati: Inti Memakmurkan Masjid Shalat Berjamaah

Diterbitkan

pada

PD DMI Kabupaten HSU periode 2019-2024 menjalani pelantikan, di Gedung Agung, Selasa (18/1/2022). Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Tertunda lantaran pandemi, Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) periode 2019-2024 akhirnya menjalani pelantikan, di Gedung Agung, Selasa (18/1/2022)
Pelantikan dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DMI Provinsi Kalimantan Selatan, H Ilham Masykuri Hamdi disaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU H Husairi Abdi, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kabupaten HSU.

Plt Bupati HSU H Husairi Abdi mengucapkan selamat sembari berharap atas dilantiknya PD DMI Kabupaten HSU 2019-2024 dapat berkiprah bersama memakmurkan masjid dan memberdayakan masjid.

“Sebenarnya, inti dari memakmurkan masjid adalah shalat berjamaah. Salah satu syiar islam terbesar sementara yang lain adalah pengembangannya shalat berjamaah.

Indikator utama keberhasilan kita memakmurkan masjid dapat diukur dengan shalat berjamaah,” beber Husairi.
Lebih lanjut dikatakannya, meski fungsi utamanya sebagai tempat untuk shalat tempat menegakkan shalat, namun masjid dipergunakan juga sebagai tempat berdzikir, beritikaf, dipergunakan untuk kepentingan sosial tempat belajar dan menuntut ilmu.



 

Baca juga: Bekuk Dua Pengedar Sabu di Karang Intan, M Sembunyikan Dalam Bohlam

“Oleh karena itu, kita harapkan mudah-mudahan melalui momentum ini dapat mendorong para pengurus untuk melaksanakan amanah dan tugas mampu melakukan pemberdayaan, membangun ekonomi masjid dengan meningkatkan kualitas SDM pengurus,” pesan H Husairi Abdi.

Sementara itu, Ketua DPW DMI Provinsi Kalsel H Ilham Masykuri Hamdi menitik beratkan para pengurus agar dapat mengajak umat dalam upaya memakmurkan masjid.

Tidak hanya itu, ia juga berharap organisasi DMI tidak hanya berupaya mengajak umat untuk memakmurkan masjid, tetapi juga dapat memakmurkan umat terutama di lingkungan masjid.

“Majid tidak hanya kita makmurkan, tapi bagaimana caranya masjid dapat memberi kemakmuran,” ujarnya.

 

Baca juga : PT AGM Tawarkan Pengiriman Batu Bara Lewat Pelabuhan PT TCT

Berdasarkan laporan Ketua PD DMI Kabupaten HSU H Nasrullah HR, ada 122 buah masjid berada di Kabupaten HSU, terdiri dari 1 buah masjid agung, masjid besar sebanyak 10 buah, dan 3 buah mesjid bersejarah, sedangkan untuk jumlah langgar atau musholla berjumlah 669 buah. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->