Connect with us

Kota Banjarbaru

Pasar Murah dan Bazar UMKM di Lapangan Satbrimob Polda Kalsel

Diterbitkan

pada

Warga antusias memadati pasar murah dan bazar di kawasan lapangan Satbrimob Polda Kalsel, Senin (1/7/2024). Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru ikut menyemarakan peringatan Hari Bhayangkara ke-78 dengan menggelar pasar murah dan bazar UMKM, Senin (1/7/2024) siang.

Pasar murah berlangsung di lapangan Satbrimob Polda Kalimantan Selatan dengan menggandeng 49 stan Asosiasi Pasar Murah Mandiri (APM), UMKM, serta balai kelompok masyarakat pembudidaya sayuran.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Banjarbaru Wiwien Robiaty mengatakan, pasar murah ini digelar tanpa subsidi. Pelaku usaha mendapatkan bahan-bahan pangan segar dan bahan pangan olahan langsung dari petani lokal di Banjarbaru.

“Harganya kisaran Rp1.000 sampai Rp3.000 lebih murah dari harga pasaran, bahan-bahan swadaya langsung diambil dari petani di Banjarbaru, tidak ada subsidi,” ujar Wiwien Robiaty kepada Kanalkalimantan.com, Senin (1/7/2024) siang.

Baca juga: Waspada Kasus Kekerasan Berbasis Gender Online Terhadap Anak di Banjarmasin

Selain untuk menyemarakan Hari Bhayangkara ke-78, pasar murah diselenggarakan sebagai upaya mengendalikan inflasi di Kota Banjarbaru.

Bahan-bahan pangan segar yang dijual berupa sayur seperti sawi, kacang panjang, tomat hingga cabai. Kemudian produk peternakan seperti ayam ras dan telur.

Baca juga: Ramaikan Hari Bhayangkara ke-78, Polres HSU Hadirkan Pasar Murah

“Sejak pagi tadi antusias masyarakat, bahkan berdesakan begitu dibuka, langsung diserbu dan cepat habis baik pangan segar maupun pangan olahan,” ungkapnya.

Masyarakat juga bisa mendapatkan bahan pangan lain seperti beras lokal premium dan beras medium dari Bulog dengan harga murah.

“Beras lokal premium lebih mahal dari Bulog, 1 kg Rp25 ribu. Jadi kalau satu bungkus isi 5 kg harganya Rp125 ribu, kalau beras Bulog lebih murah Rp13.000 per kilogram, masyarakat punya pilihan mau beras medium atau premiun,” sebut dia.

Baca juga: Turdes ke-10 Dimulai, Libatkan 305 Unit Trail, Singgahi 16 Titik se Kalsel

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto saat memantau pasar murah dan bazar di kawasan lapangan Satbrimob Polda Kalsel, Selasa (1/7/2024). Foto: wanda

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto selaku penyelenggara turut memantau pasar murah dan bazar yang menggiring antusias warga ibu kota Kalimantan Selatan.

Dirinya menyambut seluruh masyarakat yang berpartisipasi dalam transaksi di pasar murah ini.

Baca juga: Hari Bhayangkara ke-78 Polres Banjarmasin Terima Motor dan Mobil Hibah

“Ini merupakan rangkaian Hari Bhayangkara ke-78, kita mengadakan bazar dan pasar murah untuk masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok yang murah,” ujar Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto.

Melalui pasar murah ini dirinya berharap masyarakat juga merasakan kebahagiaan dari peringatan Hari Bhayangkara ke-78 ini. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->