Connect with us

Politik

Partisipasi Pemilih Tertinggi di HSU, Pulau Tambak Jadi Desa Sadar Pemilu

Diterbitkan

pada

Launching Desa Sadar Pemilu di Desa Pulau Tambak. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Pencanangan Desa Sadar Pemilu digelar di halaman kantor Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa(18/12).

Pemukulan gong serta penandatangan komitmen bersama mensukseskan Pemilu 2019 dilakukan Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi bersama Ketua KPU HSU dan Ketua KPU Kalsel menandai launching Desa Sadar Pemilu di Desa Pulau Tambak.

 

Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri mengatakan, pencanangan Desa Sadar Pemilu bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa dalam waktu dekat akan ada Pemilu Serentak baik Pemilu Legistatif dan Pemilu Presiden.
Rina Mei menambahkan, Desa Pulau Tambak salah satu desa di Kecamatan Amuntai Selatan memiliki tingkat tertinggi untuk partisipasi pemilih se Kabupaten HSU pada Pilkada lalu, dengan persentase 80%. Dipilih menjadi Desa Sadar Pemilu bisa jadi contoh bagi desa-desa dan kecamatan lainnya di Kabupaten HSU.
Sementara itu, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi pencanangan Desa Sadar Pemilu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019.

 

Wabup HSU menambahkan Pemilu 2019 memang jauh lebih rumit dibandingkan Pilkada, karena pada Pemilu 2019, ada pemilihan anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, serta memilih Presiden dan Wakil Presiden.

“Perlu kecermatan kita semua, mudah-mudahan dengan banyaknya pilihan yang harus dilakukan tidak mengurangi partisipasi kita untuk memilih,” ujarnya. Husairi berharap kepada penyelengara Pemilu terus berupaya menyosialisasikan arti sebuah suara dalam penyelengaraan demokrasi 5 tahunan itu. (dew)

Reporter:Dew
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares