Connect with us

Teknologi

Mulai 15 Juni Internet Explorer Dimatikan, Akhir Perjalanan 27 Tahun

Diterbitkan

pada

Ilustrasi peramban Internet Explorer. Foto: Shutterstock

KANALKALIMANTAN.COM – Microsoft akhirnya mengumumkan tanggal pensiun Internet Explorer pada 15 Juni nanti. Pengguna dipastikan tak lagi bisa menggunakan peramban tersebut.

Internet Explorer disuntik mati pada usia ke-27 tahun. Browser ini pertama kali dirilis Microsoft pada tahun 1995 sebagai paket tambahan untuk sistem operasi Windows 95.

Kemudian Microsoft menggulirkan Internet Explorer secara gratis ke pengguna, sebagaimana dikutip dari Gadgets360, Senin (13/6/2022).

Masa kejayaan Internet Explorer terjadi pada tahun 2003, di mana browser itu memiliki pangsa pasar 95 persen. Namun, browser tersebut tak berhasil mempertahankan posisinya, dan penggunanya juga mulai turun.



 

 

Baca juga: Tiga Balai Desa di Gambut Diterjang Puting Beliung, 10 Rumah dan 1 Langgar Rusak

Alasan Internet Explorer jatuh karena banyak perusahaan yang mulai memasuki pasar browser dan menawarkan tampilan antarmuka lebih baik, kecepatan internet lebih cepat, dan performa lebih lancar.

Dengan itu, Internet Explorer dinilai tak dapat bersaing dengan para kompetitornya. Alhasil peramban ini hanya dipakai sebagai browser default untuk menginstal peramban lain.

Kendati demikian, Microsoft menyatakan kalau masa depan Internet Explorer terletak di Microsoft Edge. Ini adalah browser baru Microsoft yang menggantikan Internet Explorer di Windows 10, yang dirilis pada tahun 2015.

“Microsoft Edge tidak hanya lebih cepat, lebih aman, dan memiliki pengalaman browsing lebih kontemporer ketimbang Internet Explorer, tetapi juga mengatasi masalah penting seperti kompatibilitas untuk situs web dan aplikasi lawas yang lebih lama,” kata Sean Lyndersay selaku Program Manager Microsoft Edge. (Suara.com)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->